Plt Wali Kota Medan Sembuh dari Corona

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 09:31 WIB
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (Datuk Haris Molana-detikcom)
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (Datuk Haris Molana/detikcom)
Jakarta -

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19). Hasil ini diketahui setelah Akhyar menjalani tes swab sebanyak dua kali.

"Alhamdulillah, dua kali PCR swab yang telah dilakukan hasilnya negatif," kata Akhyar, Kamis (20/8/2020).

Akhyar menjelaskan kondisinya saat ini terus membaik. Dia mengatakan sudah tidak ada gejala COVID-19 yang dialaminya.

"Kini kondisi saya semakin baik tanpa ada gejala-gejala sedikit pun," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengatakan Akhyar masih harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Ini dilakukan untuk memulihkan kondisi Akhyar setelah 14 hari dirawat di rumah sakit.

"Beliau sudah keluar dari rumah sakit dan kini tengah melakukan isolasi mandiri di rumah dinas sekaligus beristirahat setelah lebih 14 hari menjalani perawatan di rumah sakit," ucapnya.

Akhyar sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona berdasarkan hasil tes swab pada Selasa (4/8). Dia mengaku sempat mengalami badai sitokin sebelum dinyatakan positif Corona.

"Hal ini terjadi karena setelah dua kali hasil swab dinyatakan negatif, kemudian saya pulang ke rumah. Nah, ketika itulah saya mengalami badai sitokin. Badai sitokin terjadi ketika ada partikel koordinasi antibodi yang melakukan lompatan dari bagian bawah paru-paru ke bagian tengah dan bagian atas sebagian daripada paru-paru. Mungkin inilah yang menyebabkan saya menjadi positif," ujarnya.

Akhyar pun sempat dirawat di rumah sakit setelah dinyatakan positif Corona. Kemudian pada Rabu (19/8) kemarin Akhyar pun sudah diperbolehkan pulang dan diminta melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil tes swab.

Simak juga video 'BPOM Temukan Critical Finding di Uji Klinis Obat COVID-19, Apa Itu?':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)