Round-Up

Meja Hijau Menanti John Kei cs

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 08:55 WIB
Rekonstruksi Penyerangan: Anak Buah John Kei Bagikan Sajam-Senpi di Jakpus
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah merampungkan berkas perkara kasus penyerangan yang dilakukan oleh kelompok John Kei. Beberapa tersangka beserta barang bukti terkait kasus itu pun diserahkan ke kejaksaan untuk nantinya disidangkan.

"Pagi ini akan ada penyerahan tersangka dan barang bukti kasus pembunuhan John Kei cs," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Kasus yang melibatkan John Kei dkk ini terkait penyerangan terhadap Nus Kei dan keluarganya pada 21 Juni di Perumahan Green Lake City dan Duri Kosambi. Saat itu pihak kepolisian pun mengamankan 39 orang, termasuk John Kei, terkait peristiwa berdarah itu.

Yusri pun menambahkan kasus tersebut per hari ini sudah dinyatakan P21. Artinya, pihak kepolisian akan segera menyerahkan para tersangka untuk disidangkan.

"Kita tahu bersama bahwa hari ini adalah tahap kedua di mana akan ada penyerahan dari tim penyidik dan tersangka, barang bukti, kepada JPU (jaksa penuntut umum) dalam hal ini," ujar Yusri.

Sementara itu, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak mengungkap baru ada sekitar 22 tersangka dari 37 tersangka yang diserahkan ke kejaksaan. Mereka dibawa dengan tiga bus pagi tadi dari Mapolda Metro Jaya menuju Kejaksaan Negeri Kota Tangerang.

Terlihat pagi tadi 22 tersangka tersebut keluar dari rutan Polda Metro Jaya. Mereka pun digiring oleh polisi bersenjata lengkap menuju bus.

Tonton video 'Berkas Rampung, John Kei cs Siap Disidangkan':

[Gambas:Video 20detik]



Meski begitu, tidak tampak John Kei dari antara 22 tersangka tersebut. Calvijn Simanjuntak mengungkapkan berkas perkara John Kei belum lengkap. John Kei pun masih mendekam di rutan Polda Metro Jaya.

"Dari 37 tersangka yang ditahan, hari ini Ditreskrimum menyerahkan 22 tersangka berikut dengan barang buktinya, karena berkasnya sudah lengkap," kata Calvijn kepada wartawan.

"Dari 22 tersangka yang disebutkan, mereka yang melakukan tindak pidana di Perumahan Green Lake. Untuk JK (John Kei), DF, dan lain-lain sisanya, kita lakukan tahan dua berikutnya," sambung dia.

Calvijn memastikan berkas 15 tersangka lainnya, termasuk John Kei, dalam waktu dekat akan diselesaikan. Dia menyebut pihaknya masih memproses berkas tersebut untuk diserahkan ke pihak kejaksaan.

"Untuk tersangka lainnya sisa 15 tersangka kita akan serahkan penyerahan barang buktinya proses berikutnya," tandas Calvijn.

Seperti diketahui, penyerangan John Kei terhadap Nus Kei disebut-sebut karena John Kei tidak terima atas pembagian uang hasil penjualan tanah di Ambon. Nus Kei, disebut John Kei, telah berkhianat.

John Kei dan anak buahnya melakukan penyerangan hingga mengakibatkan satu anggota keluarga Nus Kei meninggal dunia. Sementara itu, rumah Nus Kei juga mengalami kerusakan akibat penyerangan tersebut.

(maa/isa)