Berbagi di Kala Pandemi, Mitra Gojek Ini Dapat Penghargaan di HUT RI

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 18:33 WIB
Gojek meresmikan logo barunya yang melambangkan kekuatan ekosistem Gojek sekaligus apresiasi kepada seluruh pengguna dan mitra Gojek. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Founder dan CEO Gojek Nadiem Makarim.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 lalu membuat laju perekonomian melambat. Situasi ini membuat sebagian besar orang terdampak secara finansial, tak terkecuali mitra driver Gojek. Meski berada di tengah keterbatasan, banyak mitra-mitra Gojek terus mengedepankan sisi kemanusiaan, membantu mereka yang benar-benar membutuhkan uluran tangan.

Seperti yang dilakukan oleh Budi Julian. Pria yang akrab disapa Bang Jolie ini merupakan mitra GoCar asal Jakarta yang sudah bergabung sejak 2017. Pada suatu hari saat ia sedang berkumpul bersama komunitas GoCar, ia melihat mobil teman sesama mitranya mengeluarkan asap.

GojekFoto: Istimewa

Setelah ia bertanya, ternyata asap yang mengepul dari mobil temannya itu karena tak pernah menservis mobil tersebut. Hal itu akibat dari penghasilan yang menurun semenjak pandemi COVID-19 meluas di Indonesia.

Bang Jolie yang sangat prihatin dengan keadaan itu pun muncul ide untuk membuka bengkel mobil yang pembayarannya bisa dicicil hingga 4x spesial di masa pandemi ini. Awalnya bengkel mobil ini hanya untuk komunitasnya, lama-lama Bang Jolie dan teman-teman sepakat membukanya untuk mitra GoCar di luar komunitasnya. Bahkan mitra GoRide pun sudah bisa ikut menikmati bengkel keliling.

Sebagai mitra GoCar, Bang Jolie menyadari bahwa kendaraan merupakan jantung mereka untuk mencari nafkah. Menurutnya, dengan membantu meringankan beban teman-teman mitra sudah menjadi kepuasan tersendiri untuknya. Ia juga mengaku senang ketika melihat teman-temannya bahagia dan terbantu dengan keringanan ini.

Kisah inspiratif mitra driver Gojek juga datang dari Kota Batam, Kepulauan Riau. Amad Daim memiliki cerita istimewa di balik pekerjaannya sebagai seorang driver GoCar. Pada bulan Juli lalu, ia membantu seorang ibu yang melahirkan di dalam mobilnya.

GojekFoto: Istimewa

Tak hanya membantu mengantarkan ke rumah sakit, Daim bahkan membantu menggalang donasi melalui media sosial demi mengumpulkan dana untuk membayar tagihan biaya rumah sakit.

Aksi ini dilakukan karena Daim mendapatkan informasi bahwa ibu yang melahirkan di dalam mobilnya dan sang suami baru saja diusir dari rumah kontrakan mereka. Daim berharap donasi yang dikumpulkannya dapat bermanfaat agar keluarga penumpangnya bisa melanjutkan hidupnya dengan layak.

Daim juga mengantarkan pasangan ini untuk mendapatkan BPJS dan membantu memakamkan anak mereka ketika anak yang dilahirkan itu meninggal 2 hari setelah dilahirkan.

Semangat kepedulian dan saling membantu ini tidak berhenti di Bang Jolie dan Daim, seorang driver GoRide perempuan asal Jakarta Neni Suryanah juga menunjukkan kepeduliannya di masa pandemi ini. Di sela-sela aktivitasnya, bersama komunitas driver GoRide perempuan, Neni mengumpulkan makanan siap saji dari para anggotanya, lalu kemudian ia distribusikan ke para pengamen jalanan, jompo dan orang-orang jalanan yang membutuhkan.

GojekFoto: Istimewa

Aksi inspiratif mitra-mitra driver Gojek ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan juga manajemen Gojek. Bertepatan dengan perayaan kemerdekaan yang Gojek jalankan di berbagai kota operasional, mitra-mitra ini mendapatkan penghargaan Driver Jempolan atas inspirasinya selama pandemi.

VP Corporate Affairs Gojek Teuku Parvinanda Handriawan mengaku sangat bangga dengan inisiatif kepedulian dengan sesama yang dilakukan oleh mitra-mitra Gojek dengan tulus. Menurutnya, aksi kepedulian mereka benar-benar mencerminkan semangat Merdeka Penuh Karya, meski berada di situasi yang serba terbatas.

"Kami bangga dengan dedikasi yang mitra-mitra kami berikan. Mereka telah membuktikan nilai-nilai yang sejalan dengan Gojek yaitu semangat gotong royong dan kebersamaan. Aksi mereka ini juga selaras dengan visi Indonesia Maju untuk menjadikan Indonesia sebagai tempat yang nyaman untuk dihuni bersama dengan seluruh warga negaranya. Kami menjadikan dedikasi mitra kami tersebut sebagai inspirasi untuk terus maju dan memberikan dukungan terbaik agar mereka dapat terus berkontribusi ke masyarakat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

"Di momen peringatan kemerdekaan ini selain memberikan penghargaan, Gojek juga turut mempersembahkan kado bagi Indonesia dan mitra-mitranya. Dimana saat ini ekosistem Gojek telah terintegrasi di 4 negara Asia Tenggara. Tak ketinggalan, integrasi juga mencakup peluncuran aplikasi mitra driver baru yakni GoPartner yang pada inovasi kedepannya diharapkan semakin menunjang aktivitas operasional para mitra," pungkasnya.

(akn/ega)