Bahas Transportasi Terintegrasi, Kemenhub Soroti Truk Obesitas di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 15:36 WIB
Kasubbag TU Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel, Hendra
Peserta webinar Transportasi untuk Merajut keberagaman di Palembang, Sumsel (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut berbagai fasilitas transportasi terintegrasi di Sumatera Selatan (Sumsel) sudah diperbaiki. Namun truk overdimension dan overloading (ODOL) masih menjadi masalah yang menyebabkan kerusakan pada infrastruktur seperti jalan.

"Ada transportasi darat yang belum baik, salah satunya. Masalah ini telah berdampak pada kerusakan infrastruktur, jalan, dan sebagainya," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam acara webinar dengan tema 'Transportasi untuk Merajut Keberagaman', Rabu (19/8/2020).

Khusus di Sumsel, transportasi publik di sana kini dinilai sudah tertata rapi. Sebab, ada beberapa titik yang kini sudah dibangun hingga terintegrasi transportasi lain.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubbag TU Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel, Hendra, mengatakan di Palembang sudah ada area transportasi terintegrasi, yakni di Pasar 16. "Kalau untuk wilayah Sumsel kita ambil contoh di Palembang, ini kita wujudkan transportasi yang terintegrasi di Pasar 16. Di situ ada gedung, dermaga dan semua nanti tersedia," imbuh Hendra.

Hendra menyebutkan di Pasar 16 ke depan akan ditata sehingga dapat terkoneksi antara transportasi darat dan air. Termasuk kawasan ekonomi yang kini sudah menggeliat di lokasi itu.

"Untuk dermaga di 16 ini sudah dirancang secara bertahap. Prinsipnya itu dibangun kawasan mulai dari kereta api, transportasi sungai, bus dan semua akan saling terhubung. Karena lokasinya juga sangat strategis," katanya.

Kemenhub bahkan telah berkoordinasi dengan pemerintah kota dan provinsi. Salah satunya mewujudkan tujuan sama, yakni transportasi yang akan berkelanjutan.

Diketahui, webinar sendiri dibuka langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Turut hadir dalam diskusi Kepala BPTD Wilayah VII, Rudi Irawan.

Kasubbag TU Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel, HendraKasubbag TU Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel, Hendra (Raja Adil Siregar/detikcom)
(aud/aud)