Jelang Long Weekend, Jumlah Penumpang di Stasiun Senen Naik 2 Kali Lipat

Kadek Melda L - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 15:31 WIB
PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta jarak jauh reguler per hari ini. di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (12/6/2020).
Foto: 'ilustrasi' kereta (Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menjelang libur panjang atau long weekend tahun baru Islam 1442 H jumlah penumpang di Stasiun Senen mengalami peningkatan. Peningkatan untuk hari ini terjadi hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan akhir pekan dua minggu sebelumnya.

"Untuk hari Rabu 19 Agustus menjelang long weekend ini, memang jumlah penumpang bertambah hampir mendekati 2 kali lipat jika dibandingkan akhir pekan pada waktu normal seperti pada Jumat tanggal 7 Agustus dua minggu lalu," kata Kahumas KAI Daop I Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Selain itu, Eva menuturkan ada penambahan jumlah armada Kereta Api (KA) yang dioperasikan sejak pekan lalu. Sebanyak 14 KA ditambah di Stasiun Senen dan Gambir.

"Dari sisi jumlah KA yang beroperasi juga bertambah. Pada Jumat 7 Agustus menjelang akhir pekan normal, total KA yang dioperasikan sebanyak 14 KA, keberangkatan dari Daop I Jakarta, yakni Gambir dan Pasar Senen. Namun, mulai tanggal 14 Agustus, bertepatan dengan libur akhir pekan hari kemerdekaan, jumlah perjalanan juga ditambah secara bertahap. Hingga posisi saat ini, tanggal 19 Agustus, terdapat 27 perjalanan KA dari area Daop I, yakni keberangkatan dari stasiun Gambir dan Pasar Senen," papar Eva.

Eva menyampaikan kenaikan dua kali lipat jumlah penumpang menjelang long weekend hari ini mencapai sekitar 7.800 penumpang. Hal ini berbeda dengan jumlah penumpang pada hari biasa atau pada saat normal yang berkisar 4.100 penumpang.

"Pada Jumat 7 Agustus, sehari sebelum weekend normal, total volume penumpang sekitar 4.100. Untuk hari ini, tanggal 19 menjelang long weekend, dari data reservasi, terdapat penumpang yang akan berangkat sekitar 7.800 atau naik hampir 2 kali lipat," ujarnya.

KAI memprediksi puncak peningkatan jumlah penumpang dimulai sejak hari ini hingga empat hari ke depan. Dikatakan Eva, data tersebut dapat berubah dan bertambah seiring masih memungkinkannya penumpang yang membeli tiket h-3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Terkait prediksi puncak volume penumpang dari tanggal 19 sampai dengan 23 Agustus, jika berdasarkan data reservasi, angka volume tertinggi tercatat pada hari ini Rabu 19 Agustus 2020 dengan jumlah sekitar 7.800," tutur Eva.

"Namun data tersebut masih dapat berubah mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show, 3 jam sebelum keberangkatan untuk tanggal 20 sampai dengan 23 Agustus," imbuhnya.

Seperti diketahui, tahun baru Islam 1442 H jatuh pada 20 Agustus 2020. Sehari setelahnya, Jumat 21 Agustus, merupakan cuti bersama.

(zak/zak)