Pesawat Trigana di Oksibil Ditembaki TPNPB-OPM Ngalum Kupel Hoax

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 01:31 WIB
Pesawat Trigana di Oksibil Ditembaki TPNPB-OPM Ngalum Kupel Hoax
Foto: Wilpret Siagian-detikcom
Jakarta -

Beredar informasi terkait Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) telah menembak tiga peluru ke pesawat sipil Trigana Air yang mengangkut pasukan TNI Polri ke Oksibil. Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab menyatakan informasi tersebut Hoax.

"Berita itu Hoax, yang mau dijadikan propaganda oleh TPNPB-OPM," ujar Mayjen TNI Herman Asaribab kepada wartawan di Mapolda Papua, Senin (17/8/2020).

Asaribab mengatakan, pihaknya telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengecekan atas informasi tersebut, namun tidak benar adanya.

"Saya sudah perintahkan Danrem dan jajaran untuk mengecek, ternyata itu tidak benar. Kelompok itu mau buat propaganda tentang keamanan pada HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini," ujarnya.

Bahkan Pangdam mensinyalir, bahwa propaganda diciptakan kelompok tertentu untuk kepentingan Pilkada di kabupaten tersebut. Asaribab juga mengatakan vahea hingga saat ini situasi kemanan di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang aman terkendali.

"Kemungkinan propaganda ini diciptakan dalam rangka kepentingan Pilkada yang akan berlangsung di kabupaten Pengunungan Bintang," tambahnya.

(dwia/dwia)