Peletakan Batu Pertama Kampung Susun Akuarium, Anies: Ini Babak Baru

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 19:16 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai kembali pembangunan Kampung Akuarium (Muhammad Ilman Nafian/detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai kembali pembangunan Kampung Akuarium (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meletakkan batu pertama sebagai pertanda pembangunan Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Anies menyebut, peletakan batu pertama ini merupakan babak baru bagi warga Kampung Akuarium.

"Kita bersyukur, proses yang terasa panjang bagi yang menjalani. Sore hari ini jadi hari bersejarah, karena insyaallah babak baru kampung akuarium akan dimulai sore ini," ujar Anies di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (17/8/2020).

Anies mengatakan, peletakan batu pertama ini bukan akhir akhir dari perjuangan. Menurutnya, akhir perjuangan itu ketika warga Kampung Akuarium sudah menerima kunci rumah masing-masing.

"Kita semua menyadari, tidak perlu diceritakan lagi kalau perjalanan panjang kampung ini. Hari ini bukan akhir, ini baru awal, baru peletakan batu pertama. Nanti ketika kita meletakkan batu terakhir, baru pada saat itu kita menyatakan, program tuntas," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menerangkan, Pemprov DKI Jakarta ingin menghadirkan rasa keadilan bagi setiap warganya. Salah satunya dengan memberikan hunian yang layak.

"PR kita di tempat ini sebetulnya sederhana, kalau diwujudkan dalam satu kalimat 'kita ingin menghadirkan rasa keadilan', kita ingin warga mempunyai hunian sehingga bisa tumbuh berkembang sebagai warga kota dan kota seperti jakarta punya tradisi panjang tentang perkampungan," katanya.

Rencananya, Kampung Susun Akuarium ini akan dibangun di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Nantinya, akan ada 5 blok dengan total 241 unit dengan tipe 36.

Tonton video 'Pimpin Upacara HUT Ke-75 RI, Anies: Pahlawan Kembali Bermunculan':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)