Kementerian ESDM Gelar Lomba Foto Energi Visual, Hadiah Puluhan Juta

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 19:05 WIB
fotografer kamera
Foto: Unspslah
Jakarta -

Menyambut Hari Jadi Pertambangan dan Energi pada 28 September mendatang, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar kompetisi fotografi dan jurnalistik bertajuk #EnergiUntukIndonesia. Kompetisi ini berhadiah lebih dari Rp 50 juta di setiap kategorinya.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan lomba ini diharapkan mampu memberikan informasi, edukasi sekaligus memetakan penyediaan dan akses energi di Indonesia setahun terakhir.

"Lomba tahunan ini kami gelar sebagai bagian dari upaya Pemerintah memonitor efektivitas kebijakan serta menentukan kebijakan yang akan diambil dalam menuntaskan persoalan yang belum tersentuh," kata Agung dalam keterangan tertulis, Senin (17/8/2020).

Bagi yang berminat mengikuti lomba fotografi, Kementerian ESDM menggandeng National Geographic Indonesia untuk #BerbagiCerita tentang energi untuk Indonesia. Karya diterima panitia lomba paling lambat tanggal 30 Agustus 2020 dari hasil jepretan 1 September 2019 sampai batas akhir penentuan lomba, yakni 30 Agustus 2020.

Lomba fotografi ini bisa diikuti oleh masyarakat umum, konten kreator, pegiat fotografi hingga jurnalis foto. Khusus bagi mereka yang kesehariannya erat dengan media sosial, Kementerian ESDM mewadahi kategori Instagram, sementara yang lainnya bisa mengikuti kategori umum.

"Peserta boleh mengikuti kedua kategori tersebut asalkan tidak mengirim karya foto yang sama," sebutnya.

Sementara untuk kategori instagram, panitia mempermudah persyaratan keikutsertaan cukup dengan follow dan mention akun resmi Instagram Kementerian ESDM @kesdm dan National Geographic Indonesia (NGI) dengan ketentuan akun peserta tidak dikunci. Peserta boleh mengirim 5 foto terbaik dengan mekanisme mencantumkan tagar #LombaFotoKESDM2020 #EnergiUntukIndonesia #BerbagiCerita #ngionassignment.

Adapun syarat keikutsertaan lomba untuk kategori umum hanya perlu salinan KTP/SIM serta diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia. Bahkan setiap peserta lomba dapat mengajukan maksimal lima karya foto yang lokasi pengambilannya hanya di Indonesia.

"Lomba ini gratis, tidak dipungut biaya, semua WNI silahkan ikut jika ingin mendukung kemajuan sektor ESDM," tegasnya.

ESDMFoto: Kementerian ESDM

Lebih lanjut, detail foto yang dilombakan harus berbentuk foto tunggal (bukan foto story atau seri) dengan ukuran sisi terpanjang minimal 3000 pixel dan resolusi 3000 dpi dengan format JPG. Perlu jadi catatan, Kementerian ESDM akan mengambil tindakan tegas jika ada karya foto yang bukan merupakan karya asli atau hasil jiplakan dan rekayasa.

"Foto harus karya asli. Kami tidak segan-segan mendiskualifikasi untuk manipulasi karya foto hingga yang sudah pernah menjadi pemenang dalam kompetisi serupa," ungkap Agung.

Panitia lomba tidak memperbolehkan editing foto yang berlebihan, hasil foto diperbolehkan di-cropping dan disesuaikan pencahayaan brightness/contrast/level/curve untuk gelap atau terang. Semua karya foto yang masuk menjadi hak Kementerian ESDM sebagai bagian dari publikasi non-komersial dengan tetap mencantumkan nama fotografer.

"Kalau sudah memenuhi syarat silakan kirimkan karya Anda melalui email lombafoto@esdm.go.id," jelas Agung.

Sebagai informasi, panitia akan menyeleksi semua karya pada tanggal 11 September 2020 dan karya terbaik untuk kategori umum akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 15 juta bagi juara I, juara II mengantongi Rp 10 juta, juara III Rp 7 juta, dan masing-masing 5 finalis mengantongi uang Rp 2 juta. Sedangkan untuk kategori instagram, 10 foto terbaik akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Tak hanya itu, Kementerian ESDM juga menyelenggarakan lomba karya jurnalistik untuk mengapresiasi kerja para wartawan yang sudah mengabarkan kondisi sektor ESDM kepada masyarakat melalui tulisan. Kali ini Kementerian ESDM menggandeng komunitas Di Balik Lensa dengan ketentuan dan total hadiahnya sama dengan lomba foto.

Untuk kategori blogger, juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta, juara II sebesar Rp 3 juta, dan Rp 2 juta bagi juara III yang telah menuliskan gambaran sektor energi dan sumber daya mineral secara apik, riil, dan faktual. Pengumuman pemenang lomba foto dan jurnalistik akan disampaikan bertepatan dengan Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-75 pada tanggal 28 September 2020.

"Info lengkapnya silakan kunjungi bit.ly/lombafotoesdm2020 dan bit.ly/karyajurnalistrikesdm," pungkas Agung.

(akn/ega)