Pendaki Meninggal Saat Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng Sudah Dievakuasi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 18:58 WIB
Basarnas evakuasi pendaki Gunung Bawakaraeng yang meninggal dunia (Dok. Istimewa)
Foto: Basarnas evakuasi pendaki Gunung Bawakaraeng yang meninggal dunia (Dok. Istimewa)
Gowa -

Pendaki yang meninggal saat merayakan HUT ke-75 RI di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan, sudah dievakuasi. Korban adalah WK (16), pelajar asal Kabupaten Bulukumba.

"Sudah (dievakuasi), sekarang sudah dibawa ke Puskesmas," kata Kasi Ops Basarnas Makassar Muhammad Rizal saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (17/8/2020).

Rizal menyebut korban mendaki Gunung Bawakaraeng bersama seorang rekannya sekitar pukul 16.10 Wita pada Minggu (16/8). Namun pada saat di Pos 9, korban mengalami hipotermia. Tim SAR yang berposko di Pos 10 sempat memberi pertolongan kepada korban dan kondisinya sempat membaik.

Hanya, pada pukul 02.00 Wita, Senin (17/8), kondisi korban tiba-tiba kembali memburuk bahkan meninggal dunia. Informasi meninggalnya korban sendiri baru diterima posko induk setelah 4 jam kemudian atau sekitar pukul 06.00 Wita.

"Sekarang sisa menunggu pihak keluarga," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, jumlah pendaki ke puncak Gunung Bawakaraeng dan sekitarnya untuk merayakan HUT ke-75 RI memang membludak. Jumlah totalnya bahkan tembus 15 orang lebih.

Di lokasi sendiri juga memang telah disiagakan 300 personel SAR Gabungan. Para personel SAR tersebut disiagakan di sejumlah titik seperti di Pos 1 lama, Pos 3, Pos 5, Pos 8, beserta sejumlah tim di Lembah Ramma dan Lembanna.

"Tim-tim ini yang akan menangani apabila ada pendaki yang hiportemia, ataupun cedera," ucap Kasi Ops Basarnas Makassar Muhammad Rizal dalam wawancara terpisah.

Tonton video 'Petugas Evakuasi Pendaki Meninggal Dunia di Gunung Bawakaraeng':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)