Muhadjir Bicara Neraka Dunia bagi Keluarga, Singgung Ideologi Sesat

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 15:29 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy, di Sleman, DIY, Sabtu (16/11/2019).
Menko PMK Muhadjir Effendy (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan soal pentingnya menanamkan ideologi Pancasila di dalam keluarga. Muhadjir juga menyinggung soal ideologi sesat dalam keluarga.

Pernyataan Muhadjir itu disampaikan dalam Webinar 'Launching Program Klikkb' yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bertepatan dengan HUT RI ke-75. Muhadjir mengatakan bahwa internalisasi nilai Pancasila merupakan tanggung jawab keluarga.

"Kita tahu bahwa ideologi pancasila harus dimulai ditanamkan diinternalisasikan pada anak-anak sejak dini dan itu yang paling bertanggung jawab adalah keluarga. Tidak mungkin orang tua bisa melakukan internalisasi ideologi pancasila kalau orang tuanya tidak memahami ideologi pancasila," kata Muhadjir dalam akun YouTube BKKBN, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, tantangan ke depan bagi keluarga di Indonesia bukan hanya masalah yang kasatmata. "Ke depan kita tak hanya bicara masalah-masalah yang bersifat kasatmata di lingkungan keluarga. Tetapi juga hal-hal yang tidak terlihat, seperti masalah ideologi," imbuhnya.

Selain itu, Muhadjir menyinggung soal neraka dunia dan akhirat bagi keluarga. Dia menjelaskan bahwa sesatnya ideologi keluarga adalah neraka dunia.

"Bahkan dalam ajaran yang saya anut, kita ini diminta menyelamatkan diri sendiri dan keluarga kita dari api neraka. Baik neraka dunia maupun neraka akhirat," ujarnya.