Pesan SBY di HUT RI Ke-75: Kita Hadapi Krisis Kembar, Harus Bersatu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 10:35 WIB
SBY kembali menciptakan lagu yang bertujuan untuk memberikan semangat di tengah pandemi virus corona COVID-19. Lagu ini pun dinyanyikan oleh sederet penyanyi Tanah Air. Mulai dari Yuni Shara, Sandhy Sondoro, hingga Lala Karmela. Seperti apa?
Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (20detik)
Jakarta -

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbicara soal persatuan di masa krisis pada momen HUT RI ke-75. Sementara itu, wapres periode 2009-2014 Boediono mengingatkan soal tantangan generasi muda.

Mulanya SBY mengingatkan tentang pentingnya bersyukur atas kemerdekaan ini dan berterima kasih kepada para pejuang. Dia kemudian mengingatkan soal tugas bangsa ke depan.

"Tugas dan kewajiban bangsa Indonesia ke depan, termasuk generasi mudanya adalah terus membangun negeri ini menuju Indonesia menjadi negara maju di abad ke-21 yang damai, adil, dan makmur. Insyaallah kita bisa," kata SBY dalam video yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

SBY mengatakan saat ini Indonesia memang memiliki banyak pekerjaan rumah. Namun, menurutnya, Indonesia saat ini sudah menjadi salah satu negara terbesar di Asia Tenggara.

"Meskipun masih banyak PR kita, utamanya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tetapi sebagai bangsa kita harus bangga. Karena saat ini Indonesia telah menjadi negara terbesar di Asia Tenggara, termasuk ekonominya. Dan juga menjadi anggota G20. Dua puluh negara besar dunia," ungkapnya.

"Oleh karena itu, cita-cita untuk menjadi negara kuat dan maju di abad ini bukanlah angan-angan kosong," sambungnya.

Selain itu, SBY juga bicara soal ujian sejarah yang dihadapi RI saat ini. Dia meyakini Indonesia pasti bisa melewatinya.

"Dewasa ini negara kita menghadapi ujian sejarah, kita menghadapi krisis kembar. Satu, pandemi Corona. Dua, krisis ekonomi. Oleh karena itu, kita harus bersatu. Optimis karena pada saatnya, badai akan berlalu," ujar SBY.

Simak video 'Pesan SBY di HUT ke-75 RI: Badai Pasti Akan Berlalu':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2