Menko PMK Ungkap Solusi Pemerintah Cegah Munculnya Keluarga Miskin Baru

Rahel Narda C - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 20:40 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)

Selanjutnya adalah tantangan terkait banyaknya pengangguran muda. Menurutnya, banyak anak Indonesia yang belum memiliki mental siap kerja usai lulus dari sekolah.

"Yang perlu diketahui bahwa salah satu penyebab pengangguran ini bukan karena tidak ada keterampilannya atau tidak tersedianya lapangan kerja, tapi soal mental. Jadi banyak sekali anak muda, terutama lulusan SMA, SMK, tidak siap masuk ke dunia kerja," ucap Muhadjir.

Selanjutnya, Muhadjir juga menyoroti soal perilaku moral anak muda. Dia mengatakan banyak anak muda yang terinfeksi HIV di rantang usia 15-19 tahun.

"Kemudian berkaitan perilaku moral, dan ini juga jadi tantangan kita. Di Indonesia ini ada 63,8 persen jumlah anak Indonesia yang terinfeksi HIV, yang rata-rata usianya 15-19 tahun," ujar Muhadjir.

Terakhir, Muhadjir menyinggung rendahnya keterlibatan pemuda dalam masyarakat. Menurutnya, peran pemuda di masyarakat perlu ditingkatkan.

"Kemudian keterlibatan pemuda dalam berbagai macam hal masih sangat rendah, hanya 6,7 persen, dan ini jadi tanggung jawab kita bagaimana supaya kegiatan pemuda lebih ditingkatkan," ungkap Muhadjir.

Halaman

(zak/zak)