15 Karyawan Reaktif Corona, Pemkot Depok Tutup Giant Margo City

Rahel Narda Catherine - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 11:35 WIB
PSBB Proporsional Depok, Begini Suasana Margo City Siang Ini
Mal Margo City (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Pemkot Depok menutup sementara Giant Margo City, Depok, setelah adanya karyawan yang reaktif Corona (COVID-19). Penutupan dilakukan sejak hari ini hingga 25 Agustus 2020.

Hal ini tertuang dalam Surat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok Nomor 8.02/143/GT/2020 tentang Penutupan Sementara Giant Margo City. Surat itu diteken oleh Ketua Harian Gugus Tugas PP COVID-19 Kota Depok Sri Utomo pada 14 Agustus 2020.

"Untuk mencegah penularan kasus COVID-19, mulai 15 Agustus sampai 25 Agustus 2020, Giant Margo City ditutup untuk sementara," kata Wali Kota Depok sebagai Ketua Gugus Tugas PP COVID-19 Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom pada Sabtu (15/8/2020).

Lebih lanjut Idris mengatakan, selama penutupan, akan dilakukan pengecekan kesehatan terhadap seluruh karyawan. Selain itu, karyawan juga akan diisolasi mandiri.

"Selama penutupan sementara, diminta untuk melaksanakan mitigasi di seluruh area Giant Margo City, pengecekan kesehatan terhadap seluruh karyawan, terutama bagi yang belum melakukan swab PCR, melakukan isolasi mandiri bagi seluruh karyawan, dan melaporkan setiap perkembangan penanganan kasus kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok," tulis Idris.

Selain itu, juru bicara Gugus Tugas Kota Depok Dadang Wihana mengatakan sudah ada 76 karyawan yang dilakukan rapid test. Sebanyak 15 di antaranya dinyatakan reaktif Corona.

"76 rapid test, hasil 15 reaktif," ujar Dadang.

Sementara itu, Dadang masih menunggu hasil dari 30 swab test karyawan dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"30 swab test menunggu hasil dari BBTKLPP Kemenkes," ucap Dadang.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menemukan satu kasus positif Corona dari karyawan Giant Margo City, Depok. Pihak Giant Margo City langsung mengambil langkah dengan mengganti karyawannya dan menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan di Giant Margo City.

"Memang salah satu karyawan di Giant Margo City terindikasi COVID-19, namun sudah ditangani dengan mengikuti protokol kesehatan oleh pihak manajemen Giant," kata Marcomm Manager Margo City Reza Ardiananda saat dihubungi Selasa (11/8)

Reza mengatakan pihaknya langsung mengambil langkah untuk mengganti para karyawan yang bertugas saat itu dengan tim karyawan yang baru. Selain itu, manajemen Giant Margo City telah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan gerai.

"Pihak Giant sudah mengganti semua karyawan yang bertugas dengan tim yang baru serta sudah dilakukan proses disinfektan menyeluruh di Giant Margo City," ucapnya.

Tonton juga 'Yuk Shopping Gaya Baru di Mal Bandung':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/aud)