Pemprov DKI Tiadakan CFD, Warga: Kalau untuk Alasan Kesehatan Tak Apa

Rahel Narda Catherine - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 10:06 WIB
Warga yang berolahraga di GBK
Warga yang berolahraga pagi di GBK (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menetapkan meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Begini beberapa tanggapan warga Ibu Kota.

"Kalau saya sendiri sih, kalau memang untuk alasan kesehatan sih nggak apa-apa ya. Apalagi sekarang kan terlihat kayaknya semakin meningkat tuh (kasus positif Corona). Karena saya sendiri sebagai masyarakat, kalau dibuka, ya olahraga, kalau ditutup, ya saya ikuti pemerintah," kata Fian (23) kepada detikcom di Ring Road GBK, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (15/8/2020).

"Olahraganya bisa di rumah atau di sekitar rumah saja. Karena olahraga kan di rumah juga bisa," sambung Fian.

Astri (30) mengungkapkan hal senada. Dia tidak keberatan apabila CFD ditutup sementara.

"Buat saya pasti kebijakannya buat kebaikan juga ya. So far pasti ada kebijakan di balik itu dan segala macamnya demi kita juga ya it's OK, nggak masalah," ucap Asri.

Astri berharap CFD hanya ditiadakan sementara, asalkan tak permanen. "Cuma kan long term jangan ditutup permanen juga. Tapi at the moment ya memang kebijakan ya nggak masalah. Toh juga lagi pandemi, kan," ujar Astri

Selain itu, Widho Valen (28) meminta agar penutupan CFD disesuaikan dengan situasi yang ada. Dia pun tidak mempermasalahkan apabila kebijakan itu diterapkan untuk kepentingan kebaikan bersama.

"Sebenarnya kalau itu... disesuaikan dengan kondisinya ya. Mungkin kalau zona merah gitu kali ya, ya mungkin dibatasi dalam kurun waktu tertentu. Saya juga nggak tahu ya datanya gimana, peningkatannya gimana. Karena sekarang sudah nggak diekspos lagi kan infonya. Jadinya kalau itu memang baik, tentunya bisa juga dalam kurun waktu tertentu gitu," kata Widho.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan perpanjangan PSBB transisi hingga dua pekan ke depan. Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan kegiatan CFD setiap yang rutin diadakan tiap Minggu ditiadakan.

"Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda. Dan ini artinya, kegiatan car free day kami putuskan untuk ditiadakan, karena car free day ini berpotensi kerumunan," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8).

Tonton juga 'Jalur Sepeda Sementara Kini Diperpanjang Sudirman Hingga Merdeka Barat':

[Gambas:Video 20detik]

Warga yang berolahraga di GBKWarga yang berolahraga di GBK (Rahel/detikcom)
(aud/aud)