Round-Up

10 Poin Pidato Jokowi 'Bajak Momentum Krisis'

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 08:25 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Jokowi pidato saat Sidang Tahunan / Foto: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam sidang tahunan MPR. Jokowi mengajak bangsa Indonesia menjadikan momentum krisis akibat pandemi virus Corona (COVID-19) untuk melakukan lompatan besar.

Sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD dalam rangka Peringatan HUT ke-75 RI digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, pada jumat (14/8/2020). Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi yang mengenakan baju adat Sabu memberi pidato seusai sambutan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPR Puan Maharani. Jokowi menyampaikan sejumlah pernyataan.

Salah satu poin pidato Jokowi adalah ajakan untuk membajak momentum krisis ini menjadi lompatan besar. Dia juga bicara tentang penegakan hukum, pemberantasan korupsi, hingga menyentil pihak yang merasa paling agamis atau Pancasilais.

Berikut poin pidato Jokowi 'bajak momentum krisis':

Sidang Tahunan Berubah Total

Jokowi menyebut sidang tahunan berubah total tahun 2020 ini. Jokowi menyoroti kursi-kursi di ruangan sidang tahunan yang sengaja dikosongkan karena COVID-19. Jokowi menyebut peringatan HUT ke-75 RI berubah total.

"Semestinya, seluruh kursi di ruang sidang ini terisi penuh, tanpa ada satu kursi pun yang kosong. Semestinya, sejak 2 minggu yang lalu, berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan, karnaval-karnaval perayaan peringatan hari kemerdekaan diadakan, menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 tahun Indonesia merdeka," kata Jokowi.

"Namun, semua yang sudah kita rencanakan tersebut harus berubah total," imbuh Jokowi.

Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dalam sidang tahunan MPR-DPR-DPD 2020, tercatat 161 anggota dewan menghadiri secara fisik dan 274 hadir secara virtual dari tempat masing-masing.

Meski demikian, Jokowi meminta masyarakat tetap bersyukur di peringatan HUT ke-75 RI meski semuanya berubah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4