Ibu Tiri Zumi Zola Dinilai Ingin Hidupkan Trah Politik Zulkifli di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 19:00 WIB
Ratu Munawaroh Zulkifli kembalikan formulir bacawagub Jambi ke PAN, Jumat (19/6/2020).
Ratu Munawaroh Zulkifli saat mengembalikan formulir bacawagub Jambi ke PAN. (Ferdi Almunanda/detikcom)
Jambi -

Ibu tiri mantan Gubernur Jambi Zumi Zola, Ratu Munawaroh, telah mendaftarkan diri ke parpol untuk mendapat dukungan maju di Pilgub Jambi. Majunya Ratu dinilai ingin menghidupkan trah politik suaminya, yang juga mantan Gubernur Jambi almarhum Zulkifli Nurdin.

"Majunya Ratu di Pilgub Jambi ini secara langsung ataupun tidak langsung sebagai bentuk menghidupkan kembali trah Zulkifli, yang merupakan sosok suaminya yang menjadi pemimpin di Jambi yang begitu lama. Ini juga merupakan bentuk dinasti politik," kata akademisi dari Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS), Jambi, Bahren Nurdin, Jumat (14/8/2020).

Dia mengatakan Ratu bakal membawa-bawa nama almarhum suaminya itu jika jadi diusung parpol untuk maju Pilgub Jambi. Menurutnya, nama Zulkifli Nurdin, yang menjadi Gubernur Jambi dua periode, sudah dikenal dengan baik oleh warga Jambi.

"Ya itu dipastikan jika nanti dia berhasil maju, dia bakal menjual nama Zulkifli Nurdin. Karena nama besar Zulkifli Nurdin akan tetap ada di tengah masyarakat Jambi, terutama di masyarakat Tanjung Jabung Timur," ujar Bahren.

Sementara itu, Bahren mengatakan Ratu juga harus menghadapi pengaruh negatif dari kasus korupsi yang menjerat anak tirinya, Zumi Zola. Namun Bahren menilai kasus Zumi Zola hanya berpengaruh di tingkat elite politik Jambi.

"Kasus Zola saya rasa tidak berpengaruh di level akar rumput saat ini. Namun tentu, jika di level elite, pasti kasus Zola ini sangat berpengaruh. Maka dari itu, majunya Ratu Munawaroh ini juga tidak ada pengaruhnya di sisi Ratu. Apalagi dengan menjadi pasangan Zulkifli dan ikut membantu mendampingi Zulkifli menjadi Gubernur Jambi selama 10 tahun. Saya rasa Ratu lebih mengetahui seluk beluk Jambi dan bagaimana Jambi ketimbang Zola. Jadi pengaruh Zulkifli lebih besar ketimbang Zola," ujar Bahren.

Selanjutnya
Halaman
1 2