Perpanjang PSBB Transisi, DKI Jakarta Masih Belum Buka Sekolah

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 17:31 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum membuka sekolah pada masa perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tidak ingin ada kasus penyebaran virus Corona baru (COVID-19) di lingkungan sekolah.

"Untuk sekolah, DKI terus pertimbangkan yang terbaik," ujar Ahmad Riza Patria (Ariza) di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/8/2020).

"Untuk sekolah, DKI terus pertimbangkan yang terbaik. Karena memang kita tak ingin sekolah jadi klaster baru sebagaimana di negara-negara lain yang dirasa aman, ketika dibuka sekolah, kemudian ada klaster baru. Mudah-mudahan ini jadi pertimbangan kita untuk belum membuka sekolah," katanya.

Diketahui, sekolah yang diizinkan dibuka hanya sekolah yang berada di zona hijau atau tidak terdapat kasus, dan zona kuning, yaitu risiko rendah. Sementara itu, wilayah Jakarta didominasi oleh zona merah atau risiko, dan zona oranye atau zona risiko sedang.

Berikut kode warna zonasi di enam wilayah DKI Jakarta:

Jakarta Selatan: Zona oranye atau zona dengan risiko sedang
Jakarta Barat: Zona merah atau zona dengan risiko tinggi
Jakarta Timur: Zona merah atau zona dengan risiko tinggi
Jakarta Pusat: Zona merah atau zona dengan risiko tinggi
Jakarta Utara: Zona merah atau zona dengan risiko tinggi
Kepulauan Seribu: Zona oranye atau zona dengan risiko sedang


Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang PSBB transisi fase I, dari 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Ini merupakan perpanjangan PSBB transisi keempat kalinya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Dengan mempertimbangkan segala kondisi, setelah kami berkonsultasi dengan pakar kesehatan, khususnya epidemiolog, dan berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada sore tadi, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB masa transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujar keterangan tertulisnya, Kamis (13/8).

Simak video 'Jakarta Masuk Zona Hitam COVID-19 Itu Hoax!':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)