Damkar Depok Minta Warga Waspada Pohon Tumbang Saat Curah Hujan Tinggi

Jehan Nurha - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 14:34 WIB
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk (Jehan Nurhakim/detikcom)
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk (Jehan Nurhakim/detikcom)
Depok -

Damkar Kota Depok, Jawa Barat, meminta masyarakat waspada jika hujan turun dengan curah tinggi. Damkar Depok mewanti-wanti soal pohon tumbang hingga puting beliung.

"Memang kami sudah mendapatkan informasi bahwa akan terjadi hujan tinggi khususnya Jabotabek ini, dari dua hari yang lalu sampai seminggu ini. Jadi kepada masyarakat harus kami imbau untuk selalu waspada," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk, saat ditemui di kantornya, Jl Boulevard Grand Depok City, Depok, Jumat (14/8/2020).

"Karena trennya, Kota Depok bila terjadi hujan yang sangat tinggi, trennya suka terjadi angin puting beliung dan petir," tambahnya.

Denny menjelaskan, langkah antisipasi yang dilakukan damkar adalah melakukan normalisasi dan penebangan pohon bersama Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Ini dilakukan agar tidak terjadinya korban jiwa saat cuaca ekstrem melanda kota Depok.

"Kita sudah menginformasikan dinas terkait, khususnya DLHK untuk bisa antisipasi pohon pohon yang bisa mengakibatkan pohon tumbang yang bisa terjadinya bencana," tuturnya.

"Kedua kita sudah koordinasi dengan PUPR, untuk wilayah-wilayah sering terjadi di Kota Depok," sambungnya.

Untuk diketahui, dalam dua hari terakhir ini Kota Depok dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sehingga banyak pohon yang tumbang di beberapa daerah Kota Depok.

"Selama dua hari ini intensitas hujan yang tinggi. Tiga pohon tumbang satu di Kelurahan Sukatani, 2 Kelurahan Leuwinanggung, 1 lagi di Kelurahan Limo pohon tumbang," tandasnya.

(gbr/gbr)