BPTJ Dukung Kanalisasi di Jalan Margonda Depok: Senin Diterapkan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 10:42 WIB
BPTJ Dukung Kanalisasi di Jalan Margonda Depok: Senin Diterapkan
BPTJ, Dishub, dan Satlantas Depok mensosialisasikan kanalisasi Jl Margonda, Depok. (Mei Amelia/detikcom)
Depok -

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mendorong agar kanalisasi di Jalan Margonda, Depok, segera diterapkan. Kanalisasi sangat penting untuk menekan angka kecelakaan, terutama yang melibatkan kendaraan roda dua.

"Saat ini kami selalu koordinasi dengan Kadishub dan Polres juga untuk segera diimplementasikan. Kalau tidak salah, Senin depan mulai diberlakukan," kata Kepala BPTJ Polana B Pramesti di Simpang Ramanda, Jalan Margonda, Depok, Jumat (14/8/2020).

Lebih lanjut Polana mengatakan pihaknya mendukung program-program keselamatan berlalu lintas yang diterapkan di Kota Depok. Termasuk rencana penerapan tilang elektronik yang akan segera diterapkan akhir September 2020.

"Intinya, kami harap semua transportasi, terutama angkutan umum, di Jabodetabek dapat melaksanakan keselamatan dan keamanan berkendara dan yang terpenting sekarang protokol kesehatan," imbuh Polana.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolresta Depok Kombes Azis Andriansyah mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan BPTJ, Dishub, dan Satpol PP Kota Depok untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan serta ketertiban berlalu lintas. Dengan adanya kanalisasi di kawasan tertib lalu lintas (KTL) Jalan Margonda ini, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan.

"Misal, KTL guna percepatan arus lalu lintas, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas, keselamatan, dan kurangi angka kecelakaan. Tilang elektronik juga untuk mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas," katanya.

Dalam kesempatan ini, BPTJ bersama Dishub Kota Depok dan Satlantas Wilayah Depok juga membagikan 1.100 masker kepada para pengendara sambil mensosialisasikan kanalisasi jalur lambat bagi motor dan angkot di Jl Margonda.

"Kemudian pada momen ini juga kita membagikan masker ini instruksi dari Presiden. Kalau kita tidak bisa melaksanakan 'lockdown' wilayah, setidaknya kita 'lockdwon' diri sendiri dengan menggunakan masker secara tertib. Insyaallah penyebaran Corona terputus dan masyarakat Depok semakin sehat," kata Azis.

Sementara itu, Kasat Lantas Wilayah Depok Kompol Erwin Aras Genda mengatakan kanalisasi di jalur lambat Jl Margonda akan diterapkan mulai pekan depan.

"Senin, 17 Agustus, mulai kita terapkan penindakan. Rambu-rambu sudah terpasang, sehingga diharapkan masyarakat mematuhi rambu tersebut," kata Erwin.

(mei/mei)