Jokowi: Pemerintah Tak Pernah Main-main Berantas Korupsi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 10:19 WIB
Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR DPR dan DPD 2020
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD. Dalam pidatonya, ia mengatakan pemerintah tak pernah main-main untuk memberantas korupsi.

"Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi," ujar Jokowi dalam sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (14/8/2020).

Upaya pencegahan korupsi, kata Jokowi, terus ditingkatkan melalui tata kelola yang transparan dan efisien. Jokowi mengatakan hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

"Penegakan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar. Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum, serta budaya adiluhung bangsa Indonesia," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyinggung soal pergelaran Pilkada 2020. Jokowi menegaskan Pilkada 2020 harus tetap berjalan dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Agenda Pilkada 2020 harus tetap berjalan dengan disiplin tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan. Nilai-nilai luhur Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, persatuan dan kesatuan nasional, tidak bisa dipertukarkan dengan apapun juga. Kita tidak bisa memberikan ruang sedikit pun kepada siapa pun yang menggoyahkannya," imbuhnya.

Dalam pidatonya, Jokowi juga mengajak bangsa melakukan lompatan besar dan mengambil momentum dari krisis akibat virus Corona. Jokowi menyebut masih banyak tugas untuk mewujudkan cita-cita menyambut satu abad kemerdekaan Indonesia pada 2045.

"Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi," ujar Jokowi

Tonton video 'Puan: Negara Perlu Hadir Untuk Atasi Ancaman Krisis Kesehatan-Ekonomi':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)