Pemprov Riau Keluhkan Server Down Usai STO Telkom Pekanbaru Terbakar

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 09:47 WIB
ilustrasi komputer
Ilustrasi pengguna komputer (Foto: unsplash)
Pekanbaru -

Pemerintah Provinsi Riau mengeluhkan jaringan internet yang belum pulih usai kebakaran Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru. Pemprov Riau mengatakan server milik mereka sudah 4 hari tak berfungsi alias down.

"Server kita sudah empat hari tidak bisa difungsikan karena jaringan rusak pascakebakaran gedung Telkom di Pekanbaru. Banyak pelayanan publik yang turut terganggu," kata Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfo) Riau, Chairul Riski, Jumat (14/8/2020).

Riski menjelaskan salah satu kegiatan yang terganggu ada update informasi COVID-19 ke masyarakat. Dia juga mengatakan layanan di Samsat terganggu gara-gara server down.

"Kita nggak bisa lagi live streaming untuk perkembangan kasus COVID-19. Jadi banyak sekali imbasnya, termasuk di Samsat. Pelayanan publik terganggu," kata Riski.

Pihaknya akan meminta bantuan alat dari Telkom untuk bisa mengaktifkan kembali server mereka. Apa lagi, katanya, akan ada pelaksanaan upacara 17 Agustus secara virtual se-Indonesia.

"Nah, ini yang akan kita koordinasikan ke Telkom. Semoga ada solusinya. Sejumlah webinar dan rapat virtual antar-instansi pun akhirnya banyak dibatalkan," tutur Riski.

Selanjutnya
Halaman
1 2