161 Anggota Dewan Hadir Fisik Sidang Tahunan MPR-DPR, 274 Secara Virtual

Nur Azizah Rizki Astuti, Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 09:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).
Foto: Suasana Sidang Tahunan (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)
Jakarta -

Sebanyak 161 anggota dewan menghadiri secara fisik Sidang Tahunan MPR-DPR 2020. 274 hadir secara virtual dari tempat masing-masing.

Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD 2020 digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Presiden Jokowi hadir langsung dengan mengenakan baju adat Sabu dari NTT serta Wapres Ma'ruf Amin.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir secara fisik 161 anggota, dan kehadiran virtual 274 anggota yang diundang hadir pada hari ini baik yang fisik maupun virtual dan telah menanda tangani daftar hadir," kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat membuka sidang.

"Serta anggota MPR, DPR, DPD RI lainnya yang hadir secara virtual dari tempatnya masing-masing," tambahnya.

Sidang Tahunan dinyatakan telah memenuhi aturan dan kuorum. Bamsoet kemudian membacakan pidatonya.

"Maka demikian sesuai dengan ketentuan pasal peraturan tata tertib MPR pasal 281 ayat 1 dan pasal 254 peraturan tata tertib DPR RI, serta pasal 264 ayat 5 peraturan tata tertib DPD RI sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka," ujar Bamsoet.

Turut hadir Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keduanya hadir secara virtual.

Dalam Sidang Tahunan ini hadir juga secara virtual Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 RI Bapak Hamzah Haz dan Wakil Presiden ke-11 RI Bapak Boediono.

Menteri yang merangkap ketum parpol juga hadir seperti Menko Perekonomian Airlangga Susanto merangkap Ketum Golkar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketum Gerindra dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

(rfs/imk)