Cerita tentang Almarhum Kadispar DKI dan Rencana Sister City DKI-Lampung

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 22:47 WIB
Kadisparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kepergian Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, meninggalkan duka mendalam bagi koleganya. Ada sepenggal cerita tentang rencana sister city Jakarta-Lampung yang belum terwujud semasa Cucu hidup.

Cerita itu diungkap oleh Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad. Pandra mengatakan punya ikatan emosional dengan Cucu karena sama-sama alumni Abang None Jakarta.

Pandra tak menduga Cucu meninggal pada hari ini. Dia lalu mengungkap cerita soal rencana kerja sama pariwisata antara Jakarta dan Lampung yang baru dibahas sekitar dua minggu lalu.

"Saya dan almarhum Pak Cucu sama-sama alumni Abang None Jakarta. Bahkan saya sudah membuat rencana, kita buat kunjungan wisata, kita buat sister city antara Jakarta-Lampung. Itu percakapan saya dengan beliau sekitar 2 minggu lalu," ujar Pandra kepada wartawan, Kamis (13/8/2020).

Dia mengatakan rencana tersebut telah dikomunikasikan juga dengan pihak Pemprov Lampung. Program sister city Jakarta-Lampung sudah direncanakan akan dibahas lebih lanjut setelah HUT RI pada 17 Agustus nanti.

"Kita mau bikin sister city. Kita sudah diiyakan waktu itu oleh dia selaku Kadis Pariwisata Jakarta dan sudah saya komunikasikan dengan Pak Edarwan selaku Kepala Pariwisata Provinsi Lampung," ujarnya.

Kombes Pol Zahwani Pandra ArsyadKabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad (dok. Istimewa)

Dia mengatakan kerja sama ekonomi ini dirancang sebagai upaya menghidupkan perekonomian yang terimbas pandemi COVID-19. Pandra mengatakan pihak kepolisian ikut membahas kerja sama pariwisata ini untuk memastikan aspek keamanan.

"Jadi di tengah pandemi COVID-19 ini kita mengembangkan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata. Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif, tingkat pendapatan devisa jadi bisa muncul dari pariwisata. Kita mau rencanakan itu," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2