CFD Ditiadakan, Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Tetap Ada

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 22:29 WIB
Kegiatan Car Free Day (CFD) di Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (28/06/2020), ditiadakan. Tetapi jalur sepeda sementara (pop up bike lane) tetap dibuka.
Jalur sepeda Jalan Sudirman-Thamrin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan untuk meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) setiap hari Minggu. Hal itu disampaikan Anies ketika mengumumkan perpanjangan PSBB transisi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, dengan ditiadakannya CFD itu, ada 32 jalur kawasan khusus pesepeda (KKP) yang ada juga ikut dihapus. Namun, jalur sementara di Jalan Sudirman-Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat masih dapat digunakan oleh pengguna sepeda.

"Kita punya jalur sepeda sepanjang 63 km dan di beberapa kawasan, seperti BKT, serta jalur sepeda sementara Sudirman-Thamrin-Merdeka Barat yang bisa dimanfaatkan," ujar Syafrin dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Syafrin mengatakan Pemprov DKI menyediakan beberapa kawasan olahraga, seperti GBK, dan taman untuk bisa digunakan oleh masyarakat. Syafrin meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Selain itu, di kawasan-kawasan yang memang diperbolehkan berolahraga, seperti di Taman Tebet, GBK, masyarakat bisa joging di sana. Dengan catatan tidak melakukan kerumunan dan menaati protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan perpanjangan PSBB transisi hingga dua pekan ke depan. Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) setiap hari Minggu ditiadakan.

"Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda. Dan ini artinya, kegiatan car free day kami putuskan untuk ditiadakan, karena car free day ini berpotensi kerumunan," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8).

Peniadaan itu dilakukan selama periode perpanjangan PSBB transisi, yakni dari 15 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Anies mengatakan pihaknya juga akan lebih melakukan pengetatan terhadap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

"Melalui perpanjangan ini, kami bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat," ujarnya.

Anies mengatakan, dengan perpanjangan PSBB transisi keempat kalinya ini, Pemprov DKI akan mengetatkan aturan yang ada. Khususnya dalam kegiatan yang dapat mengumpulkan massa.

(rfs/rfs)