Jokowi Tinjau Lokasi Sidang Tahunan MPR-DPR 2020

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 18:46 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi sidang tahunan MPR-DPR 2020. Jokowi datang mengecek persiapan sidang tahunan yang akan diselenggarakan esok hari.

Pantauan detikcom, Jokowi tiba di gedung Nusantara, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020) pukul 17.21 WIB. Jokowi datang memakai mobil berwarna hitam berpelat RI-1.

Jokowi tinjau lokasi sidang tahunan MPR-DPR 2020, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).Jokowi tiba di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020). (Zunita/detikcom)

Jokowi datang dengan sejumlah pengawalan dari Paspamres. Terlihat Jokowi mengenakan jas dan berdasi. Begitu tiba, dia langsung masuk ke gedung Nusantara.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan Jokowi datang tidak untuk melakukan geladi resik. Jokowi hanya meninjau lokasi sidang tahunan.

"Pak Presiden (datang) bukan untuk geladi, hanya meninjau," ujar Indra saat dimintai konfirmasi.

Jokowi datang tiba-tiba. Saat ia meninjau, tidak ada pimpinan MPR-DPR yang mendampingi. "Tidak ada pimpinan MPR dan DPR, beliau datang sudah sore," katanya.

Untuk diketahui, sidang tahunan MPR-DPR 2020 akan digelar pada Jumat (14/8). Sidang akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Rencananya, Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan besok. Jokowi juga akan menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun 2021 beserta nota keuangan.

Sidang tahunan MPR-DPR tahun ini digelar berbeda. Anggota DPR dan undangan yang datang ke sidang tahunan juga dibatasi.

"Jadi untuk unsur DPR itu, pimpinan DPR, ketua fraksi, sekretaris fraksi, ketua komisi, dan wakil ketua komisi, serta kapoksi termasuk ketua AKD dan wakilnya. Jumlahnya setelah dibuat matrik sekitar 176 dari DPR," kata Sekjen DPR, Indra Iskandar, kepada wartawan, Kamis (13/8).

"Kemudian dari MPR sekitar 51 unsur-unsur pimpinan DPR, dari DPD 50-an jumlahnya," sambungnya.

(zap/zak)