Anji-Jerinx Terseret Kasus Hukum, Satgas COVID-19: Kita Perlu Ketenangan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 17:36 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito berkomentar soal proses hukum yang menjerat musisi Anji dan Jerinx SID. Wiku mengatakan masyarakat membutuhkan ketenangan.

"Mengenai penegakan hukum dan seterusnya, kembali lagi kita prelu gotong royong dan mencapai tujuan bersama yang kita harapkan. Kita perlu ketenangan sehingga masyarakat betul-betul waspada dan maju ke depan dalam rangka menghadapi COVID-19 ini," kata Wiku dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/8/2020).

Wiku menuturkan pemerintah berharap seluruh elemen masyarakat bersatu dalam menghadapi pandemi Corona (COVID-19). Pemerintah yakin masyarakat telah sadar bahwa vieus Corona adalah musuh bersama.

"Pemerintah sangat mengharapkan dalam menghadapi COVID-19 ini betul-betul bisa bersatu. Kami percaya semua pihak menyadari ini lawan kita bersama yaitu virus SARS COV-2 ini," tutur Wiku.

Wiku mengimbau masyarakat yang memiliki penggemar dapat menyampaikan berita-berita yang bersifat positif. Wiku juga mengimbau agar berita yang disampaikan berasal dari sumber yang valid.

"Dan untuk anggota masyarakat yang memiliki pengikut dan penggemar, mohon betul-betul dapat menyampaikan berita-berita yang baik dan berita-berita yang bersumber dari sumber yang valid, dari para ahlinya dan sumber terpercaya," ujar Wiku.

"Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, pengikutnya atau penggemarnya, sehingga dapat sama-sama memahami dan menghadapi pandemi ini dengan baik. Apabila itu bisa dilakukan dengan baik tentunya, kondisi kita akan lebih baik," imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, musisi Anji dipolisikan lantaran konten wawancara dengan Hadi Pranoto. Anji dinilai menyebarkan hoax terkait temuan obat Corona oleh Hadi Pranoto.

Sementara itu, Jerinx kini berstatus tersangka dan ditahan di Mapolda Bali karena postingannya yang dianggap mencemarkan nama baik IDI. Dalam postingan, Jerinx menyebut IDI kacung WHO dan mengkritik keras aturan pasien yang hendak melahirkan harus tes cepat atau rapid test.

Simak juga video 'Tebus Kesalahan, Anji Ingin Kolaborasi dengan IDI':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/imk)