Pemerintah Pastikan Ketersediaan RS untuk Pasien Corona di RI Masih Terkendali

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 17:08 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas COVID-19 memastikan ketersediaan rumah sakit untuk menampung pasien Corona di Indonesia masih aman terkendali. Menurut Satgas, jika lonjakan kasus terjadi pun, sejumlah rumah sakit lainnya bisa disiapkan untuk menjadi rumah sakit darurat.

"Jadi pada saat ini kondisi masih terkendali, pemerintah tetap memperhatikan kondisi ini dengan adanya potensi peningkatan kasus," kata Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/8/2020).

Wiku menyebut saat ini bed occupancy rate di rumah sakit itu sekitar 66 persen. Wiku menyebut rata-rata hunian rumah sakit menangani pasien COVID di Indonesia masih dalam batas aman.

"Perlu kami sampaikan bahwa bed occupancy rate pada saat sekarang adalah sekitar 66 persen untuk bor rumah sakit itu rata-rata yang aman adalah 60 sampai 80 persen yang dihitung per bulan artinya masih ada buffer sekitar 14 persen menuju 80 persen dan tentunya adalah bor rumah sakit dengan bed-bed khusus untuk pasien COVID," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2