Polisi Tertipu Janji Masuk Akpol Rp 1,35 M, Penipu Ngarang Kenal 'Orang Mabes'

Antara - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 15:35 WIB
Ilustrasi Penipuan Online
Foto: Ilustrasi penipuan. (shutterstock)
Banjarmasin -

Aiptu Putu Sudhiwirawan, anggota Polres Banjarbaru, jadi korban penipuan dua pelaku berkedok calo seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) dengan kerugian mencapai Rp 1,35 miliar. Polisi memastikan dua pelaku itu bukan anggota Polri.

"Jadi keduanya hanyalah orang biasa. Tidak ada juga keterlibatan anggota Polri," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Kamis (13/8/2020) seperti dilansir Antara.

Dua tersangka yang ditangkap itu berinisial IR dan IL. Rifa'i menjelaskan keduanya mengaku seolah bisa mengurus seleksi masuk Akpol.

"Tersangka hanya mengarang cerita kepada korban seolah-olah bisa menguruskan ke Mabes. Padahal itu semua hanya omong kosong," ujarnya.

Sebelumnya, kasus tersebut bermula korban melapor ke Polda Kalsel pada 20 Juli 2020. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kasubdit 3 Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel Kompol Riza Muttaqien yang memimpin penyelidikan hingga akhirnya dapat menangkap terlapor berinisial IR dan IL.

Sugeng mengungkapkan aksi tipu-tipu memanfaatkan seleksi masuk calon Taruna Akpol itu, saat korban yang merupakan polisi, yaitu Aiptu Putu Sudhiwirawan yang berdinas di Polres Banjarbaru, bertemu tersangka IR yang menawarkan jika anak korban bisa lulus masuk polisi.

Tonton juga 'Lulusan Akpol Mau Dikirim ke Papua-Poso, Kapolri: Biar Ortu Meriang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2