Jokowi Kukuhkan Paskibraka HUT Ke-75 RI di Istana Negara

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 13:34 WIB
Presiden Jokowi mengukuhkan Paskibraka HUT Ke-75 RI (Screenshot YouTube Setpres)
Presiden Jokowi mengukuhkan Paskibraka HUT ke-75 RI (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Paskibraka tersebut akan bertugas pada upacara pengibaran bendera HUT ke-75 RI di Istana.

Pengukuhan digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Prosesi pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar pemuda Indonesia.

Salah seorang anggota Paskibraka, Dhea Lukita Adriana dari Jawa Timur, dipercaya mewakili anggota lain mengucapkan ikrar. Ia meletakkan ujung bendera Merah-Putih di dada kiri selama pengucapan ikrar.

Prosesi pengukuhan kemudian dipimpin Jokowi selaku pembina upacara.

"Dengan memohon rida Allah Yang Mahakuasa, pada hari ini, saya mengukuhkan Saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2020," kata Jokowi.

Pengukuhan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Jokowi pun mempersilakan para gubernur yang terhubung secara virtual untuk turut serta mengukuhkan Paskibraka di wilayahnya.

"Selanjutnya, kepada para gubernur di 34 provinsi, saya persilakan mengukuhkan Pasukan Bendera Pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing," katanya.

(mae/hri)