Buwas Ingin UU Gerakan Pramuka Direvisi Pemerintah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 17:47 WIB
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso (Buwas)
Foto: Budi Waseso (Buwas) (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Budi Waseso (Buwas) ingin agar pemerintah bisa merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Bagi Buwas, revisi itu merupakan sesuatu yang mendesak.

"Revisi (Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka) itu perlu dan mendesak untuk memberi ruang gerak yang lebih besar bagi Gerakan Pramuka," ujar Budi, dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Budi menjelaskan revisi perlu dilakukan DPR dan pemerintah agar bisa menjadikan Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang lebih mandiri dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Dengan merevisi UU tersebut, Gerakan Pramuka bisa menggali sumber pendanaan dengan pengelolaan aset yang lebih baik.

"Dan menjadi landasan yuridis dukungan pemerintah yang lebih tepat sasaran dengan pembentukan Satuan Kerja tersendiri yang langsung di bawah Bapak Presiden, baik selaku Kepala Pemerintahan maupun Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka," lanjutnya.

Dia menambahkan tema Hari Pramuka tahun ini adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara. Tema ini, lanjutnya, adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19.

Budi mengatakan sudah banyak kegiatan yang dilakukan pramuka saat pandemi COVID-19 ini. Dia menjelaskan Kwarnas membentuk Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir untuk membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

"Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta," imbuh Kak Budi Waseso.

Diketahui, pada Upacara Hari Pramuka ke-59 kali ini diberikan tanda penghargaan anggota Gerakan Pramuka. Penghargaan Melati kepada Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan penghargaan Darmabakti kepada Agus Thamran, selaku pelatih pembina pramuka Kwarcab Jakarta Pusat. Lalu penghargaan Karyabakti, diberikan ke Ketua Satgas Penanganan Covid, Kwarda Sulawesi Selatan, Muhammad Ikhsan Idris.

Selain itu, diberikan penghargaan Teladan kepada tiga peserta didik, yaitu Dewan Kerja Cabang Kota Bogor, Kwarda Jawa Barat Muhammad Sadam Alamsyah, Wakil Ketua DKD Kwarda Jawa Timur Nunuk Hidayati, dan Ketua DKR Loa Janan, Kwarda Kalimantan Timur Abdul Ibrahiim.

(aik/aik)