Jokowi ke Anggota Pramuka: Buat Indonesia Selalu Bangga!

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 16:41 WIB
Presiden Jokowi
Foto Presiden Jokowi: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato singkat di upacara peringatan Pramuka ke-59. Jokowi memberi saran kepada anggota Pramuka agar belajar dengan giat untuk bisa menjadikan Indonesia maju.

Jokowi menjadi pemimpin upacara di peringatan Pramuka ke-59 secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2020). Dalam peringatan itu, hadir juga Ketua Kwarnas Pramuka Komjen (Purn) Budi Waseso dan sejumlah anggota Pramuka.

"Pengalaman selama pandemi COVID ini selain mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan kepedulian juga mengingatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, penyelesaian masalah kesehatan membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, penyelesaian masalah perekonomian juga membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karakter disiplin dan peduli saudara-saudara miliki akan semakin bermakna jika didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta anggota Pramuka belajar dan mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi dengan benar. Dia menaruh harapan pada anggota Pramuka yang merupakan generasi mendatang.

"Giatlah belajar, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya, jadilah SDM Indonesia yang hebat, yang cepat tanggap dan cerdas. Rawatlah kebhinekaan, pertahankan NKRI, dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati," katanya.

"Ingat, tantangan yang saudara hadapi akan semakin berat dan kompleks. Dunia berubah dengan cepat dan penuh dengan ketidakpastian. Masa depan akan jauh berbeda jika dibandingkan hari ini, ketangguhan saudara-saudara juga harus saudara-saudara buktikan dalam mengejar ilmu pengetahuan. Jadilah generasi masa depan yang mencerahkan, yang terus membangun tentang harapan kejayaan Indonesia. Indonesia maju yang kita cita-citakan bersama," imbuhnya.

Dia juga berharap Pramuka bisa maju dan melindungi Indonesia. "Buatlah Indonesia selalu bangga pada Praja Muda Karana. Jayalah Pramuka, jayalah Indonesia, salam Pramuka," tutup Jokowi.

(zap/gbr)