Pemkot Jakpus Bakal Sosialisasi Protokol Corona Pakai Peti Mati

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 16:37 WIB
Peti Jenazah yang akan digunakan untuk sosialisasi bahaya COVID-19. (ANTARA/HO/Dokumentasi Kecamatan Senen)
Foto: Peti Jenazah yang akan digunakan untuk sosialisasi bahaya COVID-19. (ANTARA/HO/Dokumentasi Kecamatan Senen)
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Pusat berencana mensosialisasikan protokol COVID-19 dengan menggunakan peti mati. Rencananya sosialisasi dengan peti mati itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Iya, nanti kan rencananya akan dicanangkan Pak Wagub 18 Agustus di Terowongan Kendal. Itu kita lagi nunggu informasi. Jadi nggak 18 Agustus dicanangkan, dari biro tapem, belum ada kepastian," kata Wakil Wali Kota Jakpus, Irwandi, kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

Irwandi mengatakan nantinya peti mati replika itu akan dipasang di tempat strategis. Satu kecamatan direncanakan terpasang satu peti mati. Di peti mati itu juga akan ditulis imbauan agar masyarakat mematuhi protokol COVID.

"Jadi kita akan taruh di tempat tertentu yang dianggap paling strategis, misal di Kecamatan Johar, misalnya deket pasar, dengan tulisan agar hati-hati dengan Covid, pakai masker, bla bla bla, ada tulisan gitu lah, tapi dengan peti mati. Peti matinya kita bikin bentuk peti mati, tapi bukan peti mati beneran," ujarnya.

Dia menyebut upaya ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat. Irwandi berharap dengan upaya ini masyarakat semakin patuh dan sadar akan bahaya Covid sehingga menerapkan protokol kesehatan.

Irwandi mengatakan program dicanangkan Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Rencananya juga akan diimplementasikan di seluruh wilayah Jakarta.

"Rencananya sih nanti itu akan serentak, di seluruh Jakarta," tuturnya.

Tonton video 'Per 12 Agustus Kasus Positif Corona di RI Jadi 130.718':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)