Peringatan Hari Pramuka, Jokowi Ingatkan Disiplin di Era Pandemi

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 16:32 WIB
Ekspresi dan gestur Presiden Jokowi dalam raker 7 Juli 2020, diunggah Setpres 8 Juli 2020. (Dok YouTube Setpres)
Foto: Presiden Jokowi (Dok YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Pramuka ke-59 secara virtual di Istana Presiden, Jakarta. Saat menyampaikan pidato, Jokowi mengingatkan agar anggota Pramuka terus meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian terutama di era pandemi Corona saat ini.

"Saya tahu dari sejak bernama Pandu, Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh, tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar dalam menghadapi setiap rintangan. Selalu peduli, siap berkorban untuk sesama, dan di era pandemi COVID yang berat sekarang ini, jiwa dan karakter seperti itu yang kita butuhkan," ujar Jokowi di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Disiplin di era pandemi yang dimaksud Jokowi adalah disiplin mengikuti aturan protokol kesehatan, misal memakai masker, rajin cuci tangan, dan juga jaga jarak. Jokowi juga meminta seluruh anggota Pramuka di Indonesia meningkatkan kepedulian juga.

"Di era pandemi COVID yang mengakibatkan krisis kesehatan, dan krisis ekonomi ini jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita harus peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama. Kita harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama," jelasnya.

Menurut Jokowi, jika disiplin dan kepedulian dijalankan dengan baik oleh anggota Pramuka dan setiap warga itu bisa menghambat laju penyebaran Corona di Indonesia. Dia mengimbau masyarakat saling berbagi membantu sesama dan peduli.

"Oleh karena itu, saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat 2 gerakan nasional. Pertama gerakan kedisiplinan nasional yang ajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan. Kedua gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi," tutur Jokowi.

"2 gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tapi 2 gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati, sebagaimana tertuang dalam Dwidharma, Trisatya, dan Dasa Dharma Pramuka," sambungnya.

(zap/gbr)