Pemprov DKI Jakarta Akan Tingkatkan Sanksi PSBB Transisi

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 15:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) memberi ucapan selamat kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Ahmad Riza Patria resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta seusai dilantik Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/foc.
Foto: Ahmad Riza Patria (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta -

Masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) fase I transisi kemungkinan akan diperpanjang. Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria akan meningkatkan upaya sosialisasi protokol kesehatan hingga penerapan denda bagi yang melanggar PSBB transisi.

"Ya yang ditingkatkan banyak, tadi kan mulai dari sosialisasi, menghadirkan aparat, kemudian kita terus tertibkan sanksi denda administrasi, tersurat, kerja sosial. Sedang dirumuskan sanksi progresif juga," kata Riza, kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

Lebih lanjut terkait klaster perkantoran yang masih terus meningkat, Riza meminta semua perusahaan di DKI mematuhi kebijakan kapasitas 50 persen. Serta pengaturan shift kerja yang harus diterapkan.

"Ya solusinya banyak, pertama kita minta semua kantor satu mengatur jam kantor, istirahat, jam pulang, dibagi shift kemudian kita minta perkantoran itu sekalipun ada pelonggaran 50% kita minta dikurangi sedapat mungkin yang bisa dikurangi, dikurangi," ujarnya.

Dia juga meminta sebisa mungkin pekerjaan agar dilakukan di rumah. Lalu, kepada perusahaan, Riza meminta agar dibentuk tim satgas internal untuk memastikan protokol kesehatan di perusahaan.


"Kemudian kita minta semua pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, dikerjakan di rumah. Kemudian kita minta juga perkantoran untuk membentuk tim atau pengawas atau satgas internal. Kemudian kita minta kita terus lakukan dialog diskusi dengan asosiasi, pimpinan kantor dan sebagainya. Kemudian perkantoran juga diminta meningkatkan sarana prasarana, disinfektannya, wastafel cuci tangan," ujar Riza.

Sebelumya, Riza mengatakan kemungkinan PSBB transisi di Jakarta akan kembali diperpanjang. Namun, dia tidak menjelaskan rinci, pengumuman resmi akan disampaikan Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Kemungkinan begitu. Nanti Pak Gubernur akan umumkan. Nanti pak gubernur akan segera mengumumkan, apa hasil evaluasinya," kata Riza.

(eva/aik)