Begini Arti Logo HUT Ke-75 RI yang Harus Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 18:44 WIB
Logo HUT ke-75 RI (Dok. Setneg)
Logo HUT ke-75 RI (Dok. Setneg)/Begini Arti Logo HUT ke-75 RI yang Harus Diketahui
Jakarta -

Logo HUT ke-75 RI resmi sudah dirilis dengan dominasi warna merah dan angka 75 berwarna putih. Logo HUT ke-75 RI dengan tema besar Indonesia Maju terinspirasi oleh simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Dilansir situs Sekretariat Negara (Setneg), logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. "Indonesia Maju menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia," tulis Setneg seperti yang dikutip detikcom.

Selain logo berbentuk perisai, ditambahkan pula logo "Bangga Buatan Indonesia". Logo ini merupakan kombinasi dari logogram dan logotype. Menurut Setneg logo ini dikemas dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan.

"Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia," tulis Setneg dalam Pedoman Identitas Visual 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia.

Logo Bangga Buatan IndonesiaLogo Bangga Buatan Indonesia Foto: Dok. Pedoman Identitas Visual

Pedoman Identitas Visual tersebut juga mengatur soal supergraphic. Supergraphic ini sempat dipermasalahkan sejumlah pihak karena disebut berbentuk seperti salib. Lalu apakah makna supergraphic ini?

Supergraphic terdiri atas 10 elemen yakni Fokus, Kemajuan, Global, Merata, Kokoh, Progres, Efisien, Gotong Royong, Maritim, dan Berkembang. Untuk diketahui 10 elemen itu didapatkan dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Untuk pengaplikasiannya supergraphic ini cukup fleksibel karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk," seperti yang dikutip dari Pedoman Identitas Visual.

Logo Supergraphic HUT RI ke-7Logo Supergraphic HUT RI ke-7 Foto: Dok. Pedoman Identitas Visual-Setneg

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, soft copy tema dan logo HUT ke-75 RI tahun 2020 beserta pedomannya dapat diunduh melalui website resmi Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id. Pihaknya juga sudah mengeluarkan surat edaran kepada pejabat untuk memperbanyak, menyosialisasi, dan menyebarluaskannya kepada masyarakat umum tentang soft copy tema dan logo HUT ke-75 RI.

Logo peringatan HUT ke-75 RI dapat diaplikasikan untuk umbul-umbul, poster, billboard, spanduk, media sosial, gambar profil, maupun diimplementasikan ke merchandise. Elemen yang dipasang meliputi logo '75 Indonesia Maju', supergraphic, dan logo 'Bangga Buatan Indonesia'.

Sementara untuk upacara perayaan HUT ke-75 RI hanya akan dihadiri 6 pejabat seperti Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Menag Fachrul Razi, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Sementara menteri hingga kepala daerah akan mengikuti upacara secara virtual di kantor masing-masing.

Sedangkan setingkat pimpinan tinggi pratama hingga pegawai instansi di pusat maupun daerah diwajibkan untuk menonton siaran langsung upacara di Istana Merdeka di rumah masing-masing. Untuk masyarakat dihimbau menghentikan segala aktivitas dan berdiri tegak sempurna selama 3 menit sekitar pukul 10.17 hingga 10.20 WIB.

Jadi sebelum membuat spanduk dan atribut untuk perayaan 17 Agustus, jangan lupa cek Logo HUT ke-75 RI ya.

(nwy/pal)