Ridwan Kamil: Depok Bukan Lagi Zona Merah Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 11:00 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil / Foto: Pemprov Jabar
Jakarta -

Kota Depok tadinya merupakan satu-satunya daerah di Jawa Barat yang berstatus zona merah Corona. Kini, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengumumkan status itu sudah berubah.

Hal itu disampaikan langsung Ridwan Kamil di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (11/8/2020). Presiden Jokowi sedang meninjau Posko Penanganan COVID-19 Provinsi Jabar.

Ridwan Kamil menampilkan peta zona risiko Corona di Jabar. Pada tanggal 27 Juli-2 Agustus 2020, Depok berstatus zona merah. Status itu berubah di data 3-9 Agustus 2020, Depok kini zona oranye.

"Tanggal 3-9 Agustus, Alhamdulillah yang tadi saya sampaikan, sudah terupdate. Tidak ada zona merah lagi per minggu ini," kata Ridwan Kamil.

"Sebelumnya bapak bisa lihat Depok masih merah, sekarang sudah membaik dengan kontrol kita bersama," sambungnya.

Peta zona risiko Corona di Jabar 3-9 Agustus 2020 (Youtube BPMI Setpres)Ridwan Kamil: Depok Bukan Lagi Zona Merah Corona Foto: Peta zona risiko Corona di Jabar 3-9 Agustus 2020 (Youtube BPMI Setpres)

Dengan berubahnya status Depok, kini tidak ada lagi zona merah di Jawa Barat. Dari 27 kabupaten/kota, sebanyak 14 daerah zona oranye dan 13 daerah zona kuning.

Sebelumnya, data Depok berstatus zona merah diumumkan oleh juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito pada Kamis (6/8). Pada saat itu, dia mengingatkan kepada bupati dan wali kota terkait untuk meningkatkan penanganan COVID-19.

Tonton video 'Daftar Zona Merah dan Hijau di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/fjp)