Penyerangan di Solo, Menag: Tak Ada Tempat bagi Intoleransi!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 09:59 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi.
Menteri Agama Fachrul Razi (Jefrie/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengecam peristiwa penyerangan acara pernikahan di Solo. Fachrul menilai kekerasan dan intoleransi seperti itu tidak bisa dibenarkan atas alasan apa pun.

"Saya mengecam intoleransi yang terjadi di Solo. Saya minta jajaran Kanwil Kemenag Jawa Tengah untuk lebih mengintensifkan dialog dengan melibatkan tokoh agama dan aparat sehingga tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama tidak terjadi," kata Fachrul dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

"Dalam situasi apa pun, kita harus dapat menunjukkan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil'alamiin, penebar perdamaian, di mana pun dan kapan pun," sambungnya.

Dia juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag Provinsi di seluruh Indonesia. Fachrul meminta dialog antartokoh agama dan berbagai lapisan masyarakat, termasuk aparat harus terus diintensifkan agar terbangun kesadaran bersama untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama. Apalagi Kementerian Agama tengah menggencarkan pengarusutamaan moderasi beragama.

"Pusat kerukunan umat beragama dan FKUB di kabupaten/kota agar dapat mengambil inisiatif untuk memfasilitasi proses dialog antar pihak dalam menyikapi setiap dinamika kehidupan dan kerukunan, sehingga tidak terjadi anarkisme," ucap Fachrul.

Tonton video 'Dua Penyerang Acara Doa Jelang Pernikahan di Solo Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2