Pakai Baju TNI, Penipu Bawa Kabur Motor di Cengkareng Jakbar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 08:09 WIB
poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Polisi menangkap pria berinisial MA yang melakukan aksi pencurian dengan cara membawa kabur motor korban setelah ditipu. Dia menggunakan seragam TNI agar korban percaya.

"Dia kan pake pakaian TNI jadi orang-orang percaya, kadang-kadang dia bujuk rayu, meyakinkan," ucap Kapolsek Cengkareng, Kompol Khoiri, saat dihubungi, Selasa (11/8/2020).

Menurut Khoiri, MA meminta tumpangan kepada korban. Di jalan, dia ngobrol dan meyakinkan korban bahwa dia adalah anggota TNI.

"Di satu tempat, dengan alasan macam-macam untuk meminjam motor korban. Korban yakin orang baik, lalu meminjamkan, akhirnya dia langsung bawa kabur motor," ucap Khoiri.

Menurut laporan, MA telah beraksi di Kota Tangerang, dan Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. "Laporan Tangerang, dan Cengkareng. Tidak menutup kemungkinan ada lokasi lain," ujar Khoiri.

Khoiri lalu meminta keterangan dari TNI apakah MA benar-benar anggota TNI atau bukan. Didapatlah keterangan bahwa MA telah dipecat.

"Ternyata desersi. Saya pertama koordinasi dengan Pak Koramil, kami sudah dapat surat pemecatan," kata Khoiri.

Kemudian, pada Senin (10/8) sekitar pukul 19.30 WIB, Polsek Cengkareng menangkap MA di Pasar Ganefo, Cengkareng. MA sempat melawan petugas sebelum berhasil ditangkap.

"Dia mengeluarkan sangkurnya, sehingga di situlah terjadi, boleh dibilang, penangkapan namanya juga dia pake sangkur," ucap Khoiri.

Tonton video 'Staf Presiden Gadungan di Makassar Ditangkap Karena Nyabu':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/lir)