Viral Stasiun Tanah Abang Penuh Sesak Penumpang, Sekat Sampai Rusak

Indra Komara - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 21:23 WIB
Stasiun Tanah Abang, Jakarta, kini berbenah. Wajah barunya pun terlihat lebih kece dengan tujuan memberikan rasa aman kepada warga.
Ilustrasi Stasiun Tanah Abang (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kegaduhan di Stasiun Tanah Abang sore tadi terekam dalam video yang kemudian viral. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyayangkan kejadian di Stasiun Tanah Abang tersebut.

Dalam video itu, terlihat sejumlah calon penumpang KRL memaksa masuk ke Stasiun Tanah Abang. Para calon penumpang itu berjubel dan saling dorong sampai pintu sekat rusak.

Dikonfirmasi mengenai kejadian ini, VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menerangkan peristiwa itu terjadi pada Senin (10/8/2020) sore tadi. Dia menyesalkan calon penumpang yang tidak mau antre.

"PT KCI sangat menyesalkan kejadian ini karena para pengguna kembali tidak tertib dan tidak sadar untuk menjaga jarak," kata Anne dalam keterangannya.

Dia mengatakan penyekatan di stasiun memang sudah diberlakukan bukan hanya di Stasiun Tanah Abang. Buntut kejadian tersebut, PT KCI memutuskan menutup sementara akses pintu masuk dan keluar di sisi selatan Stasiun Tanah Abang yang menuju JPM Pasar Tanah Abang.

"Penutupan berlangsung mulai esok (11/8) pada pukul 14.00 WIB setiap hari kerja," ujar Anne.

Anne juga mengatakan kerusakan pintu sekat itu saat ini sudah diperbaiki.

"Tadi ada kerusakan tapi sudah diperbaiki," jelasnya.

Hingga pukul 19.00 WIB tadi, Anne menuturkan tidak ada peningkatan jumlah pengguna di Stasiun Tanah Abang. Anne mengatakan jumlah pengguna KRL yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang justru turun jika dibandingkan pada Senin, 3 Agustus lalu, saat situasi kondusif sepenuhnya.

(idn/gbr)