Gunung Sinabung Erupsi Lagi Pagi Ini

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 10:49 WIB
Erupsi Gunung Sinabung (dok. Istimewa)
Erupsi Gunung Sinabung (Foto: Istimewa)
Karo -

Erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali terjadi. Tinggi kolom abu kurang lebih 5.000 meter di atas puncak gunung.

"Terjadi erupsi Gunung Sinabung pada hari Senin, 10 Agustus 2020, pukul 10.16 WIB," demikian isi laporan situs resmi Kementerian ESDM, Senin (10/8/2020).

Kolom abu tersebut terlihat berwarna kelabu dan mengarah ke timur serta tenggara. Warga di sekitar gunung diminta waspada.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara," tulis laporan itu.

Belum ada informasi soal kerusakan ataupun korban akibat erupsi pagi ini. Warga diminta waspada terhadap hujan abu vulkanik dan lahar.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tulis laporan itu.

Gunung Sinabung sebelumnya dua kali erupsi pada Sabtu (8/8). Sejumlah wilayah di Karo tertutup abu vulkanik akibat hujan abu setelah gunung meletus.

(haf/haf)