Round-Up

Cerita Ahok soal Detik-detik Menegangkan di 411

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 06:05 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Foto: Rifkianto Nugroho

Ahok pun ditanya apakah ia merasa menyesal atas peristiwa yang menimpa dirinya. Ia menegaskan, tak ada penyesalan meski peristiwa tersebut membuatnya kalah di gelaran Pilkada hingga dipenjara sekaligus.

"Saya ngomong, aku nggak pernah nyesel. Karena aku tahu aku berdiri untuk kebenaran dan keadilan dan perikemanusiaan. Saya berdiri untuk itu. Kecuali saya salah. Kita salah saja nggak boleh menyesali yang sudah lewat. Apalagi kita yakin kita nggak salah. Apalagi keputusan yang saya ambil berdasarkan keyakinan saya," ujar Ahok.

Bapak empat anak ini juga menyatakan sudah bisa berdamai dengan diri sendiri ketika masih berada di tahanan. Buat Ahok, cara memaafkan jadi obat lara jauh dari rumah.

"Kalau kita kesel sama orang, marah, nggak mau memaafkan, sesek ini rasanya. Sama ini panas, panas banget. Makanya saya bilang, kamu kalau nggak memaafkan orang, kamu masih tetap marah, itu kamu yang sakit sendiri," ucapnya.

Ahok merasa, masuk penjara merupakan cara Tuhan memberinya sebuah anugerah. Ia merasa penuh syukur karena di dalam penjara, dirinya bisa lebih memperbaiki pola hidup.

"Jadi saya di dalam tahanan itu saya pikir, waduh ini bersyukur banget ya. Gue bisa setiap hari Senin sampai Jumat dijemur bos, berjemur lah kira-kira. Setiap hari bisa olahraga. Setiap hari tidur 8 jam. Jam 10 malam wajib tidur kan. Makan tepat waktu, sebelum jam 6 sudah selesai makan. Jadi jam 10 tidur, 4 jam kosong perut kita. Wah ada one pack, lurus perut lah kira-kira," tutur Ahok.

Sekali lagi, politikus PDIP ini menyatakan tidak merasa takut saat didemo hingga berjilid-jilid. Ahok menyebut, dirinya merasa tenang ketika didemo kala itu.

"Makanya saya bilang, kalau saya bilang nggak takut, kamu bilang saya sombong lagi. Tapi saya cuma bilang saya bisa tidur dengan nyenyak," akunya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3