Airlangga Resmikan Kios MU, Salurkan KUR Kerja Sama Pemuda Muhammadiyah

Yudistira Imandiar - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 19:59 WIB
Kemenko Perekonomian
Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Dalam rangka memulihkan perekonomian nasional, pemerintah menggelontorkan stimulus berupa penyaluran Kredit Usaha Rakyat Syariah dan UMKM. Implementasi penyaluran stimulus tersebut salah satunya diwujudkan lewat kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dengan Pemuda Muhammadiyah.

Jalinan kerja sama ditandai dengan peluncuran program Kios Warga Muhammadiyah (Kios MU), di Pasar Kotagede, Yogyakarta. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hadir langsung dalam acara tersebut.

Kerja sama Kemenko Perekonomian dengan Pemuda Muhammadiyah terdiri dari beberapa program. Selain Kios WargaMU, ada pula Pembiayaan KUR dan KUR Syariah Kios.

"UMKM menjadi prioritas utama dalam pemulihan ekonomi nasional," ungkap Airlangga dalam keterangannya, Sabtu (8/8/2020).

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyambut baik kerja sama penciptaan UMKM dan keberpihakan terkait KUR kepada pemuda. Ia mengatakan kader-kader Pemuda Muhammadiyah siap untuk melipatgandakan KUR sebagai bagian dari peran pemuda untuk membangun ekonomi negara.

"Kami apresiasi langkah penciptaan sosiopreneur muda, dengan memberikan kail kepada pemuda bukan ikan sehingga diharapkan dapat menciptakan multiplier effect termasuk berkembangnya lapangan kerja di Indonesia" papar Sunanto .

Selain meresmikan program KiosMU, Airlangga sebelumnya juga bersilaturahmi dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof KH. Haedar Nashir di Yogyakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Haedar mengapresiasi program kerja sama Kemenko Perekonomian dengan Pemuda Muhammadiyah.

"Saya berharap program tersebut membawa manfaat bagi umat," sebut Haedar.

Selain memberikan KUR kepada UMKM, pemerintah turut mengucurkan insentif usaha dan tambahan kredit modal kerja untuk masyarakat. Adapun pemuda diharapkan menjadi bagian dari percepatan ekonomi nasional dalam bagian program Pemerintah melawan pandemi COVID-19.

Kemenko Perekonomian Foto: Dok. Kemenko Perekonomian

Sebagai informasi, peresmian kerja sama Kemenko Perekonomian dengan Pemuda Muhammadiyah dilakukan secara langsung dari enam lokasi untuk menghindari keramaian dalam situasi pandemi. Acara ini juga diikuti secara langsung lewat zoom meeting oleh Pemuda Muhammadiyah di berbagai daerah. Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada Pemuda Muhammadiyah.

(prf/ega)