Prabowo Banggakan Gerindra, Singgung Ketum Partai Lain Berpangkat Lebih Tinggi

M Ilman Na'fian - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 16:05 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-12 Gerindra. Prabowo memberikan potongan tumpeng kepada Anies-Sandi.
Prabowo Subianto. (Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta -

Prabowo Subianto akan dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra. Saat memberi sambutan, Prabowo menyinggung ketua umum partai yang pangkatnya lebih tinggi tapi ia mampu membawa Gerindra berada di posisi kedua pada Pileg 2019.

Awalnya Prabowo memberikan pujian kepada para kader yang setia kepada Gerindra. Ia menyebut Gerindra sempat diremehkan saat pertama kali hadir di kancah politik nasional.

"Dengan semangat kegembiraan dengan optimisme kita jalan terus, dihadang bangkit, dijatuhkan bangkit, dikecewakan senyum, dihina malah kita tenang dan kita optimis selalu," ungkap Prabowo dalam sambutannya pada KLB Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Ia mengatakan prestasi yang dimiliki Gerindra bukan berarti menjadikan kader angkuh atau sombong. Prabowo juga menyebut kader-kader Gerindra sebagai pejuang politik.

"Saudara saya harapkan jadi pendekar politik dan inilah yang Saudara-saudara buktikan selama 12 tahun ini, dari nol, lambat laun partai kita kokoh. Ada partai banyak muncul, cepat juga hilang. Partai kita mantap, lahirnya pun mendadak kita dirikan dengan cepat, dengan pembangunan dari bawah, tapi juga dengan arah yang jelas," sebutnya.

"Kemudian kita bisa langsung ikut pemilu legislatif dan presiden, 2009 kita ikut, 2014, dan selanjutnya 2019 kemarin. Saudara-saudara, jumlah perolehan suara kita dari tahun ke tahun, dari pemilu ke pemilu terus mengalami kenaikan," tambah Prabowo.

Menteri Pertahanan itu membanggakan perolehan suara Gerindra yang meningkat pada Pileg 2019 dibanding Pileg 2014. Dari 2.761.856 pada 2014 menjadi 17.522.227 di Pileg 2019. Prabowo bahkan memberi candaan kepada para kadernya.

"Ini meningkat dibandingkan pemilu 2014, di mana Gerindra menempati perolehan suara nasional terbesar ketiga, lumayan juga sebagai partai pendatang kita bisa partai ketiga di 2014 dan sekarang kita partai kedua secara perolehan suara. Mungkin karena partai kita terdiri dari aktivis-aktivis, pejuang-pejuang politik yang idealis, biasanya yang idealis itu penuh cita-cita, tapi rata-rata isi tas agak kurang. Tapi dengan kenyataan isi tas kurang tapi kalian masih bisa senyum dan ketawa. Itu menandakan Saudara-saudara pejuang politik yang berani," tuturnya.

Lantas, Prabowo menyinggung soal ketua umum partai yang pangkatnya lebih tinggi daripada dirinya. Prabowo merupakan letnan jenderal (letjen) purnawirawan TNI.

"Ada juga ketua umum partai yang bintangnya lebih banyak dari ketua umum kalian. Aku dari kecil ingin bintang 4 dikasih bintang 3 ya terima kasih. Lumayan bintang tiga. Daripada teman-teman saya yang masih letkol, kolonel. Bukan kita besar karena ketua umumnya. Bukan karena tokoh-tokohnya. Ada pengaruh benar," kata Prabowo.

"Tapi yang tidak disadari banyak orang, yang tidak disadari diri kita adalah kita besar sebuah gerakan politik bisa besar kalau gerakan politik itu menyuarakan hati rakyat. Kalau kita berhasil menangkap keluhan rakyat. Kita berhasil menangkap cita-cita rakyat," tutupnya.

Tonton juga 'Gerindra Klaim Partai Pertama yang Kongres Secara Virtual':

[Gambas:Video 20detik]

(elz/bar)