Djoko Tjandra Isolasi Mandiri 14 Hari di Lapas Salemba

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 11:12 WIB
Djoko Tjandra Dipindah dari Bareskrim ke Lapas Salemba
Djoko Tjandra (Foto: dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Terpidana kasus cessie Bank Bali, Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra, ditahan di Lapas Salemba. Dia menjalani isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan terkait pandemi Corona (COVID-19).

"Saat ini Djoko Tjandra melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan penanganan covid-19, sekaligus menjalankan masa pengenalan lingkungan (mapenaling) di sel isolasi," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangan resmi, Sabtu (8/8/2020).

"Setelah 14 hari selesai menjalankan isolasi mandiri dan mapenaling, dan hasil rapid nonreaktif, maka yang bersangkutan akan ditempatkan bersama yang lain di kamar blok hunian untuk menjalankan pidana dan program pembinaan," sambungnya.

Diketahui, Djoko Tjandra per 31 Juli telah dilakukan eksekusi oleh Kejagung dan inkrah menjadi narapidana. Dia sebelumnya ditempatkan sementara di Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri untuk memudahkan pemeriksaan oleh Bareskrim.

Tonton juga 'Djoko Tjandra Kini Ditempatkan di Rutan Salemba':

[Gambas:Video 20detik]

Djoko Tjandra selesai diperiksa Bareskrim pada Jumat 7 Agustus kemarin, karena itu penahanannya dikembalikan ke Lapas Salemba.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menuturkan pekan depan depan pihaknya akan melaksanakan gelar terkait perkara tindak pidana korupsi pada surat jalan Djoko Tjandra. KPK akan turut diundang dalam agenda tersebut.

"Kemudian minggu depan kami akan melaksanakan gelar dalam rangka penetapan tersangka untuk kasus Tipikor dengan mengundang rekan-rekan KPK untuk ikut langsung dalam proses pelaksanaan gelar perkara penetapan tersangka," ucap Sigit.

Seperti diketahui, Djoko Tjandra ditangkap berkat kerja sama police to police antara Polri dan Polisi Diraja Malaysia (PDRM). Djoko Tjandra ditangkap pada Kamis (30/7).

Setelah penangkapan, Djoko Tjandra langsung diterbangkan ke Tanah Air. Pesawat yang mengangkut Djoko Tjandra pun tiba di Bandara Halim Perdanakusuma menjelang tengah malam.

Penangkapan Djoko Tjandra dipimpin langsung oleh Kabareskrim Komjen Sigit. Djoko Tjandra keluar dari pesawat dengan mengenakan baju tahanan oranye dan dalam kondisi tangan terikat.

(hri/hri)