Pertamina Salurkan Bantuan Dana Pendidikan untuk SMA Binaan TNI AU

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 16:56 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Dalam menyambut HUT RI ke-75, PT Pertamina (Persero) dan TNI bersinergi membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Dalam mewujudkan komitmennya, Pertamina memberikan bantuan pendidikan senilai Rp 750 juta untuk peningkatan fasilitas pendidikan SMA Pradita Dirgantara.

Adapun bantuan tersebut diserahkan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada istri Panglima TNI Nani Hadi Tjahjanto, di Jakarta, Kamis (6/8/2020). SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah binaan TNI AU yang terletak di Komplek Lanud Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah. Nani mengatakan SMA Pradita merupakan sekolah unggulan yang terbuka bagi putra putri terbaik bangsa di seluruh Indonesia untuk dididik menjadi manusia unggul dan maju.

"Kami merasa terhormat dan menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah memberikan sumbangan. Insya Allah akan kami manfaatkan semaksimal mungkin untuk pengembangan pendidikan," ujar Nani dalam keterangan tertulis, Jumat (7/8/2020).

Nani berharap agar kerja sama antara Pertamina dan TNI yang sudah terbangun selama ini bisa terus berlanjut dan Pertamina bisa lebih maju lagi di masa mendatang.

"Sangat tepat apabila Pertamina menggandeng kami untuk menciptakan SDM unggul dan calon energi bangsa kita kedepan untuk meneruskan bagaimana mengolah hasil bumi Indonesia. Mereka cinta Tanah Air dan akan memeliharanya dengan baik. Insya Allah ini akan sama sinerginya dengan Pertamina," ungkapnya.

Sementara itu, Nicke menyatakan rasa bangganya bisa turut serta mendukung pembangunan SDM Indonesia yang unggul melalui sinergi Pertamina dan TNI yang sudah berjalan baik.

"Untuk mendukung SDM Indonesia unggul, Pertamina senantiasa memberikan motivasi dan wawasan kepada anak-anak muda. Ini penting sekali dalam membangun generasi muda yang unggul, agar bisa memberikan kontribusi yang positif bagi bangsa dan negara," katanya.

Nicke juga mengatakan Pertamina selalu terbuka untuk melakukan sinergi dalam mendukung setiap upaya pembangunan SDM Indonesia unggul, khususnya dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

"Kami terbuka karena banyak sekali yang bisa kami share untuk memberikan motivasi kepada generasi muda Indonesia," imbuhnya.

Di sisi lain, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Koeshartanto mengatakan Pertamina menyambut baik kerja sama dengan TNI untuk membangun SDM unggul.

"Kerja sama bisa dilakukan dalam bentuk pemberian beasiswa, memberikan kesempatan untuk kerja praktek magang di Pertamina serta mengajak para pelajar, generasi muda ini untuk bisa melihat langsung lokasi tempat Pertamina memproduksi dan mengolah migas," ujarnya.

Menurutnya, kehadiran para siswa di wilayah operasional Pertamina, seperti wilayah pengolahan geothermal, kilang minyak dan wilayah lainnya menunjukkan Pertamina tidak hanya menyediakan sumber-sumber energi bagi bangsa saja, namun juga menyiapkan anak-anak Indonesia yang akan menjadi energi Indonesia.

"Pertamina dan TNI akan berjalan, beriring bersama, dan kedepan kami yakin bentuk kerjasama lain yang lebih membumi dan lebih besar yang insya Allah memberikan kemaslahatan kepada negara Indonesia tercinta ini," pungkasnya.

(akn/ega)