Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Koalisi Jokowi: Berlebihan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 09:56 WIB
Ibas
Ibas Yudhoyono menyebut ekonomi era Presiden SBY meroket. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Selain itu, Andreas mengevaluasi pemerintahan SBY saat itu. Dia menilai saat itu banyak proyek yang mangkrak.

"Namun, kalau mau dievaluasi, apalah artinya ekonomi yang meroket sekejap kalau hanya mengandalkan eksplorasi SDA? Bahkan, kalau kita evaluasi, banyak sekali proyek-proyek mangkrak yang ditinggal oleh pemerintahan massa lalu dan menjadi beban bagi pemerintahan Jokowi ketika memulai memimpin negeri ini," jelas Andreas.

Andreas menyebut era Jokowi malah lebih baik. Indonesia, katanya, berhasil keluar dari middle income trap country.

"Indonesia mampu keluar dari middle income trap country justru pada massa periode kedua pemerintahan Jokowi. Saya kira ini adalah karena strategi pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintahan ini pada periode pertama, yang terlihat hasilnya pada periode ke-2 ini," jelas dia.

Politikus PDIP lainnya, Hendrawan Supratikno, menyoroti pembangunan infrastruktur di era SBY. Dia menilai tak ada pembangunan infrastruktur besar-besaran saat itu.

"Pembangunan infrastruktur besar-besaran seharusnya terjadi di periode lalu. Program MP3EI SBY harusnya sudah berjalan sejak 2005-2010, sehingga tidak menjadi beban pemerintahan berikutnya. Ada yang menilai dekade SBY adalah dekade yang datar, bahkan ada yang menyebut sebagai 'the lost decade', karena harusnya perbaikan infrastruktur dilakukan besar-besaran sehingga kita lebih siap bersaing di tingkat global," ucap Hendrawan.

Halaman

(gbr/fjp)