Sidang YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Kasus Hina Istri Nabi Ditunda

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 19:32 WIB
Palu Hakim. Ari Saputra. Ilustrasi
Ilustrasi terkait Sidang (Ari Saputra/detikcom)
Medan -

Sidang YouTuber Rahmat Hidayat, atau yang dikenal dengan Aleh Aleh Khas Medan, yang digelar di PN Medan, ditunda. Sidang kasus menghina istri Nabi ini dilanjutkan pekan depan.

"Sidang ditunda," kata Humas PN Medan Tengku Oyong dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (6/8/2020).

Oyong mengaku penundaan sidang YouTuber Aleh Aleh Khas Medan karena salah satu hakim anggota sedang mengikuti pelatihan.

"Seorang hakim anggotanya lagi ada pelatihan. Sidang ditunda hingga Kamis depan," ujar Oyong.

Sebelumnya, dilihat dari situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Medan, sidang YouTuber Aleh Aleh Khas Medan rencananya digelar di Ruang Cakra V, PN Medan, pukul 13.00 WIB, Kamis (6/8).

"Nomor perkara 2032/Pid.Sus/2020/PN Mdn, terdakwa Rahmat Hidayat alias Aleh sidang pertama," demikian tertulis di situs tersebut.

Kasus ini berawal pada April 2020 saat Rahmat dan rekan-rekannya membuat video cover lagu berjudul 'Aisyah'. Dalam video itu, terlihat Rahmat berpura-pura kerasukan dan membuka celana.

Video itu kemudian viral. Aksi Rahmat dalam video itu kemudian dinilai sejumlah orang tidak sopan dan dianggap melecehkan Aisyah karena isi lagu tersebut bercerita tentang sifat dan kebaikan Aisyah selaku istri Nabi Muhammad.

Rahmat kemudian dilaporkan ke polisi dengan tuduhan melakukan ujaran kebencian terkait SARA. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mengamankan Rahmat.

Dia kemudian dijerat sebagai tersangka. Rahmat dipersangkakan melanggar Pasal 28 juncto 45A UU ITE yang mengatur larangan orang untuk menyebarkan ujaran kebencian terkait SARA.

Tonton video 'Pelesetkan Lagu Aisyah, 3 Remaja di Gorontalo Diamankan Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)