Round-Up

Arahan Langsung Jokowi soal Stunting ke Menkes Terawan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 21:01 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Angka stunting yang masih tinggi di sejumlah menyedot perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menargetkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menurunkan angka stunting menjadi 14% pada 2024.

Menurut Jokowi, penurunan angka stunting di Indonesia menjadi 27,6% masih belum cukup.

"Dari data yang saya miliki, ada perbaikan prevalensi stunting dari 37% di 2013 menjadi 27,6% di 2019. Ada penurunan yang cukup lumayan, tapi saya kira ini tidak cukup. Kita harus menurunkan lebih cepat lagi dan target kita sesuai yang saya sampaikan, saya berikan ke Menteri Kesehatan, di 2024 kita turun menjadi 14%," kata Jokowi.

Instruksi Jokowi kepada Menkes itu disampaikan dalam pengantar rapat terbatas percepatan penurunan stunting yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/8/2020). Jokowi memprioritaskan penurunan stunting di 10 provinsi di Indonesia.

"Kita fokus saja untuk menurunkan stunting di 10 provinsi yang prevalensi stunting yang tertinggi dan provinsi tersebut adalah NTT, Sulbar, NTB, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah," ujar Jokowi.

Mengenai 10 provinsi prioritas, Jokowi ingin kepala daerah setempat konsentrasi pada penurunan stunting.

"Saya juga ingin minta para gubernur, nanti Mendagri juga bisa menyampaikan, bupati, wali kota, sampai ke kepala desa terutama untuk 10 provinsi tersebut agar betul-betul bisa konsentrasi dan fokus untuk penurunan stunting," ujar Jokowi.

Jokowi ingin sosialisasi pencegahan stunting ditingkatkan. Jokowi juga ingin penurunan stunting disambungkan dengan program perlindungan sosial pemerintah.

"Dalam rangka penurunan angka stunting, juga kita sambungkan dengan program perlindungan sosial kita, terutama PKH, kemudian pembagian BPNT, dan pembangunan infrastruktur dasar yang menjangkau keluarga-keluarga yang tidak mampu," kata Jokowi.

Tonton video 'Jokowi Ingin 10 Provinsi Ini Fokus Turunkan Angka Stunting':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2