Zona Merah, Kota Jayapura Belum Terapkan Belajar Tatap Muka

Wilpret Siagian - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 13:28 WIB
Sekolah di pedalaman papua
Foto: Nurcholis Maarif/detikcom
Jayapura -

Pemerintah Provinsi Papua telah mengizinkan sejumlah sekolah untuk menerapkan sistem belajar tatap muka. Namun, Kota Jayapura belum dapat menerapkan kebijakan itu lantaran masih berkategori zona merah.

"Kita (wilayah kota) tidak masuk dalam kebijakan pemerintah provinsi Papua yang memperbolehkan belajar tatap muka di sekolah karena wilayah kota Jayapura masih tinggi kasus COVID-19 atau masih zona merah," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengejaran Kota Jayapura, Fackrudin Pasolo di Jayapura, Rabu (5/8/2020).

Dari 29 Kabupaten/Kota di Papua, hanya Kota Jayapura yang sampai saat ini belum melaksanakan belajar tatap muka. Fackhrudin menegaskan Kota Jayapura masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring.

"Jadi Kota Jayapura belum membuka sekolah untuk pelaksanaan belajar tatap muka. Kita masih melaksanakan belajar mengajar secara daring," ujarnya.

Hal tersebut mengacu pada peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang mana sekolah diperbolehkan menerapkan sistem belajar tatap muka jika berkategori zona hijau.

Fackrudin mengatakan terdapat sejumlah keputusan terkait perizinan sekolah menerapkan sistem belajar tatap muka dalam rapat Forkompimda Provinsi Papua dengan Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Papua pada Senin (3/8). Salah satunya pelaksanaan pembelajaran di sekolah juga harus ada persetujuan orang tua murid.

Data Pemprov Papua per Selasa (4/8), jumlah kasus Corona di Kota Jayapura tercatat sebanyak 1.834 kasus. Dengan rincian, pasien yang dirawat 992 orang, sembuh 820 orang, dan meninggal 22 orang.

Tonton video 'Sekolah di Cilegon Berlakukan Tatap Muka Hanya 2 Jam Pelajaran':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)