Dewas Janji Ungkap Hasil Pemeriksaan Etik Ketua KPK Naik Heli ke Publik

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 18:45 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (Foto: dok. MAKI)
Foto: Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (dok. MAKI)
Jakarta -

Dewan Pengawas (Dewas) KPK berjanji akan transparan terkait hasil dari pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik Ketua KPK Firli Bahuri karena menaiki helikopter mewah. Dewas KPK mengatakan hasil pemeriksaan dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri itu nantinya bisa diakses masyarakat.

"Karena kita tahu masalah etik bukan benar atau salah, tetapi masalah pantas atau tidak pantas, masalah patut atau tidak patut. Tapi Bapak-Ibu tak perlu khawatir pada akhirnya di putusan itu akan dilaksanakan secara terbuka jadi siapa saja bisa melihat," kata anggota Dewas KPK, Albertina Ho, dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube KPK, Selasa (4/8/2020).

Dewas KPK saat ini tengah melakukan pemeriksaan pendahuluan terkait hasil proses klarifikasi dari Firli hingga penyedia jasa helikopter mewah tersebut. Pemeriksaan pendahuluan itu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya unsur pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Filri.

Ia mengatakan jika nanti ditemukan adanya unsur pelanggaran kode etik maka akan dilanjutkan dengan proses persidangan. Namun, Albertina mengatakan proses persidangan pelanggaran kode etik itu bakal dilakukan secara tertutup.

"Sidang kode etik itu dilaksanakan tertutup. Jadi Bapak-Ibu percayalah kami akan sidangkan semaksimal, seobjektif mungkin dalam sidang itu, tapi dilaksanakan tertutup," kata Albertina.

Sementara itu, Ketua Dewas KPK, Tumpak Panggabean meminta masyarakat bersabar soal hasil pemeriksaan tersebut. Menurutnya, Dewas masih melakukan proses pemeriksaan pendahuluan untuk menentukan apakah laporan dugaan pelanggaran etik itu bisa disidangkan atau tidak.

Tonton video 'Firli Bahuri Naik Heli Mewah, Dewas KPK Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2